LeEco Caplok Pabrikan TV Amerika Rp 26 Triliun

Kompas.com - 28/07/2016, 09:10 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - LeEco, pabrikan elektronik dan smartphone asal China, menggelontorkan 2 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 26 triliun untuk mengakuisisi perusahaan asal Amerika Serikat pembuat televisi dan speaker Vizio.

Hal tersebut diungkapkan oleh pendiri dan CEO Vizio, William Wang, dalam sebuah konferensi pers di Kota Los Angeles, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Kamis (28/7/2016).

“Perasaan saya campur aduk,” aku Wang sebelum mengembalikan panggung ke LeEco selaku pemilik baru Vizio, perusahaan asal California, AS, yang berdiri sejak 10 tahun lalu itu.

“Sebagai pemilik dan ‘ayah’ dari Vizio, saya enggan membiarkannya pergi. Tapi sebagai CEO dan chairman, saya tahu ini keputusan terbaik untuk para pegawai dan pemegang saham kami,” tambahnya.

Wang akan tetap terhubung ke Vizio dengan menjabat sebagai chairman dan CEO Inscape, unit usaha terpisah dair Vizio yang menjalankan bisnis pengumpulan data pengguna TV untuk keperluan iklan.

Di Inscape yang banyak menuai kontroversi ini, Wang memiliki saham sebesar 51 persen, sementara 49 persen sisanya dikuasai oleh LeEco.

Akuisisi LeEco atas Vizio memandai langkah kedua dari korporasi asal Negeri Tirai Bambu ini dalam upayanya melakukan ekspansi ke pasaran AS.

Sebelumnya, Chairman LeEco Jia Yueting menerangkan bahwa Faraday Future, perusahaan lain yang dimilikinya, berencana membuka fasilitas pembuatan mobil di Nevada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.