Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LeEco Caplok Pabrikan TV Amerika Rp 26 Triliun

Kompas.com - 28/07/2016, 09:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - LeEco, pabrikan elektronik dan smartphone asal China, menggelontorkan 2 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 26 triliun untuk mengakuisisi perusahaan asal Amerika Serikat pembuat televisi dan speaker Vizio.

Hal tersebut diungkapkan oleh pendiri dan CEO Vizio, William Wang, dalam sebuah konferensi pers di Kota Los Angeles, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Kamis (28/7/2016).

“Perasaan saya campur aduk,” aku Wang sebelum mengembalikan panggung ke LeEco selaku pemilik baru Vizio, perusahaan asal California, AS, yang berdiri sejak 10 tahun lalu itu.

“Sebagai pemilik dan ‘ayah’ dari Vizio, saya enggan membiarkannya pergi. Tapi sebagai CEO dan chairman, saya tahu ini keputusan terbaik untuk para pegawai dan pemegang saham kami,” tambahnya.

Wang akan tetap terhubung ke Vizio dengan menjabat sebagai chairman dan CEO Inscape, unit usaha terpisah dair Vizio yang menjalankan bisnis pengumpulan data pengguna TV untuk keperluan iklan.

Di Inscape yang banyak menuai kontroversi ini, Wang memiliki saham sebesar 51 persen, sementara 49 persen sisanya dikuasai oleh LeEco.

Akuisisi LeEco atas Vizio memandai langkah kedua dari korporasi asal Negeri Tirai Bambu ini dalam upayanya melakukan ekspansi ke pasaran AS.

Sebelumnya, Chairman LeEco Jia Yueting menerangkan bahwa Faraday Future, perusahaan lain yang dimilikinya, berencana membuka fasilitas pembuatan mobil di Nevada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com