Beli Slurpee di 7-Eleven, Diantar Pakai Drone

Kompas.com - 28/07/2016, 13:22 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Jaringan minimarket 7-Eleven menyiapkan konsep layanan antar yang unik. Mereka berencana memakai drone atau pesawat tanpa awak untuk mengantarkan kopi, slurpee, donat atau pesanan lain dari pelanggan.

7-Eleven bekerja sama dengan sebuah startup bernama Flirtey untuk mewujudkan rencana tersebut. Penerapannya pun masih terbatas, karena masih berupa pilot project dan tidak dilakukan di seluruh jaringan minimarket mereka di dunia.

Uji coba pengantaran drone perdana mereka telah dilakukan di komplek perumahan di Reno, Nevada, Amerika Serikat.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (28/7/2016), pada 11 Juli lalu, drone pengantar pesanan tersebut terbang perdana, melintasi langit, menuhi sebuah komplek perumahan di Reno.

Drone ini terbang secara otomatis dan memakai GPS sebagai alat pemandunya. Lokasi pengantaran pun dibatasi hanya yang berada dalam radius 1,6 kilometer dari gerai 7-Eleven terdekat.

Pesanan perdana itu berisi sebuah sandwhich ayam, donat, kopi, permen dan Slurpee, minuman es serut khas 7-Eleven. Mereka membundelnya dalam dua wadah. Masing-masing diterbangkan secara terpisah dengan cara menggantungkannya pada drone.

Setelah mencapai target tujuan, drone akan menurunkan wadah berisi pesanan itu ke pemukaan tanah sehingga bisa diambil oleh pemesannya.

Sekadar diketahui, Flirtey, perusahaan yang ada di balik rencana tersebut, sudah beberapa kali melakukan pengantaran memakai drone. Salah satunya adalah untuk mengantarkan cadangan obat di Virginia, serta mengirimkan air dan kebutuhan darurat di Hawthrone.

7-Eleven bukan satu-satunya perusahaan yang mengincar konsep pengantaran pesan memakai drone. Ada juga perusahaan lain yang lebih dulu, seperti Amazon serta Walmart.

Anda bisa menyaksikan video pengantaran pesanan menggunakan drone di bawah ini:


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.