Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Prisma Bakal Bisa Edit Video

Kompas.com - 28/07/2016, 18:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Prisma, aplikasi pengubah foto menjadi karya seni yang belakangan ini populer, bakal dikembangkan lebih jauh. Aplikasi tersebut akan dimodifikasi sehingga bisa memproses video singkat.

Rencananya pemrosesan video tersebut dirancang agar bisa menghasilkan efek serupa editing foto. Video yang tadinya biasa diubah agar memiliki tampilan bak sebuah karya seni, entah bergaya Pop-Art atau kombinasi garis dan kotak ala “Mondrian”.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (28/7/2016), co-founder Prisma, Alexey Moiseenkov mengatakan bahwa alat pengedit video itu sedang digarap dan sebenarnya sudah selesai.

Baca: Apa Itu Aplikasi Foto Prisma?

Mereka belum merilisnya sebagai fitur dalam aplikasi karena saat ini perusahaan perlu mengatur ulang skala infrastruktur mereka agar bisa menangani kapasitas video dan pengguna yang lebih banyak.

Namun pengguna yang sudah tak sabar, sebenarnya tidak perlu menunggu lama. Moiseenkov juga memprediksi bahwa fitur pengedit video itu akan bisa dirilis dalam beberapa pekan mendatang.

Sekadar diketahui, aplikasi edit foto Prisma mengandalkan teknologi cloud untuk mengubah berbagai foto agar terlihat layaknya sebuah karya seni. Pantauan KompasTekno saat ini di Android ada 29 filter yang bisa dipilih.

Aplikasi ini menggunakan kombinasi dari jaringan saraf tiruan alias neural networks dengan intelijen buatan atau artificial intelligence untuk mengaplikasikan filter tersebut.

Prisma sendiri sangat digemari di platform iOS. Pihak pengembang mengklaim sudah ada 400 juta foto yang di-Prisma-kan dan aplikasinya diunduh 10,6 juta kali di iOS sejak pertama kali dirilis pada awal Juli ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com