Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terinspirasi "Pokemon Go", Apple Dorong Augmented Reality

Kompas.com - 29/07/2016, 10:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Tim Cook mungkin tak bisa menyebut nama Pokemon Go dengan benar, namun CEO Apple itu tetap menunjukkan ketertarikan terhadap game tersebut, terutama teknologi Augmented Reality (AR) di dalamnya.

Hal ini diungkapkan Cook dalam conference call laporan keuangan Apple pada Selasa lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Pocket Lint, Kamis (28/7/2016).

Baca: CEO Apple Salah Sebut Pokemon Go

Sambil memuji inovasi yang diketengahkan oleh Pokemon Go, dia menyebutkan bahwa AR bakal menjadi tren besar di masa depan. “Kami telah dan akan selalu berinvestasi di teknologi AR untuk jangka panjang,” ucap Cook.

Menurut Cook, teknologi AR menjanjikan peluang besar baik untuk pasar komersil maupun konsumen di industri teknologi. Apple pun disebutnya tak ingin ketinggalan dalam pengembangan AR.

Apple diketahui telah melakukan beberapa akuisisi perusahaan yang mengembangkan teknologi AR, seperti Metaio, Faceshift, dan Flyby Media.

Meski begitu, Cook tak merinci apa yang bakal dilakukan oleh Apple dengan teknologi AR di masa depan nanti.

Ada kemungkinan bahwa Apple tak hanya mengembangkan AR, melainkan juga Virtual Reality (AR), mungkin juga ada riset tentang perpaduan keduanya.

Akan halnya Pokemon Go, Cook menggelontorkan banjir pujian bagi game bikinan Niantic itu. Tak mengherankan karena Apple turut mendapat jatah 30 persen dari transaksi sebesar 1,6 juta dollar AS per hari dari para pemain Pokemon Go di platform iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com