Kompas.com - 31/07/2016, 20:02 WIB
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, aplikasi editing foto yang baru populer, Prisma resmi diluncurkan untuk platform Android, setelah dirilis untuk iOS lebih dulu.

Tak berapa lama setelah versi Android-nya meluncur, pengguna menjumpai aplikasi Prisma yang diunduh mereka tidak bisa digunakan, karena menampilkan pesan "Prisma is over capacity."

Sebenarnya, apa yang menyebabkan aplikasi Prisma menjadi kelebihan kapasitas?

Dikutip KompasTekno dari Android Central, Minggu (31/7/2016), Prisma tidak memproses foto penggunanya di ponsel, melainkan di server-nya yang ditaruh di cloud.

Hal ini berbeda dengan layanan editing foto lain seperti Instagram, Line Camera, Camera 360, Snapseed, dan sebagianya.

Baca: Apa Itu Prisma?

Nah, setelah foto diunggah ke cloud, filter pun diberikan sesuai dengan pilihan. Ini sebabnya mengapa Prisma butuh waktu lumayan lama untuk mengubah foto dengan filter-filternya.

Prisma bukan sekadar menaruh filter foto seperti layaknya Instagram. Melainkan, Prisma menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menginterpretasi foto yang kemudian digambar ulang oleh komputernya di server sesuai dengan jenis filter yang dipilih.

Android Central Aplikasi Prisma di Android.
Dengan demikian, mengubah foto di Prisma butuh komputasi yang lebih rumit dibanding layanan editing foto lainnya. Itulah alasan Prisma memproses foto di server, bukan di ponsel.

Semakin banyak pengguna yang mengakses server (baca: mengedit foto), maka server tersebut menjadi lebih sibuk. Untuk menghindari crash, maka jumlah pengakses-nya pun dibatasi.

Baca: Layanan Aplikasi Foto Prisma Tumbang

Itulah sebabnya mengapa Prisma butuh waktu lama mengedit foto dan sering menampilkan pesan "over capacity."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.