Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Edit Foto di Prisma Lama dan "Over Capacity"?

Kompas.com - 31/07/2016, 20:02 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, aplikasi editing foto yang baru populer, Prisma resmi diluncurkan untuk platform Android, setelah dirilis untuk iOS lebih dulu.

Tak berapa lama setelah versi Android-nya meluncur, pengguna menjumpai aplikasi Prisma yang diunduh mereka tidak bisa digunakan, karena menampilkan pesan "Prisma is over capacity."

Sebenarnya, apa yang menyebabkan aplikasi Prisma menjadi kelebihan kapasitas?

Dikutip KompasTekno dari Android Central, Minggu (31/7/2016), Prisma tidak memproses foto penggunanya di ponsel, melainkan di server-nya yang ditaruh di cloud.

Hal ini berbeda dengan layanan editing foto lain seperti Instagram, Line Camera, Camera 360, Snapseed, dan sebagianya.

Baca: Apa Itu Prisma?

Nah, setelah foto diunggah ke cloud, filter pun diberikan sesuai dengan pilihan. Ini sebabnya mengapa Prisma butuh waktu lumayan lama untuk mengubah foto dengan filter-filternya.

Prisma bukan sekadar menaruh filter foto seperti layaknya Instagram. Melainkan, Prisma menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menginterpretasi foto yang kemudian digambar ulang oleh komputernya di server sesuai dengan jenis filter yang dipilih.

Android Central Aplikasi Prisma di Android.
Dengan demikian, mengubah foto di Prisma butuh komputasi yang lebih rumit dibanding layanan editing foto lainnya. Itulah alasan Prisma memproses foto di server, bukan di ponsel.

Semakin banyak pengguna yang mengakses server (baca: mengedit foto), maka server tersebut menjadi lebih sibuk. Untuk menghindari crash, maka jumlah pengakses-nya pun dibatasi.

Baca: Layanan Aplikasi Foto Prisma Tumbang

Itulah sebabnya mengapa Prisma butuh waktu lama mengedit foto dan sering menampilkan pesan "over capacity."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com