Kompas.com - 03/08/2016, 00:20 WIB
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorDeliusno

NEW YORK, KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran Galaxy Note 7, dalam acara peluncuran yang digelar di kota New York, AS, Selasa (2/8/2016), Samsung turut memperkenalkan headset virtual reality Gear VR versi baru.

Baca: Bukan Galaxy Note 6, Samsung Luncurkan Galaxy Note 7

Update Gear VR edisi 2016 mengetengahkan touchpad baru, konektivitas USB type-C, dan bidang pandang yang lebih lebar dibanding produk terdahulu (101 derajat, berbanding 96 derajat).

Dari segi desain, Samsung mengklaim bahwa perangkat barunya ini lebih nyaman digunakan dari generasi sebelumnya.

"Terima kasih atas umpan balik Anda, kami membuat Gear VR baru ini lebih ergonomis dan nyaman," ujar Suzanne De Silva, Senior Manager Product Planning Samsung, di hadapan media dan undangan, termasuk jurnalis KompasTekno, Reza Wahyudi.

Meski demikian, harga jualnya tetap dipertahankan di angka 99 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 juta. Gear VR edisi 2016 rencananya akan mulai dijual pada 19 Agustus mendatang, dimulai dari pasaran Amerika Serikat.

Di luar beberapa perubahan di atas, Gear VR edisi 2016 tak menghadirkan peningkatan lain.

Headset VR ini dirancang untuk dipasangkan dengan Galaxy Note 7 yang memiliki tingkat kepadatan pixel 518ppi, sama dengan seri Galaxy Note sebelumnya, serta Galaxy S7 dan S7 Edge.

Pihak Samsung sendiri belum menyebutkan, apakah produk di luar smartphone di atas bisa dipasangkan juga dengan Gear VR baru ini atau tidak.

Port USB type-C Gear VR 2016 bisa langsung terhubung dengan Galaxy Note 7 yang juga menggunakan tipe konektor tersebut. Untuk pemilik perangkat terdahulu, Samsung menyediakan adapter port USB type-C ke micro USB.

Sekujur tubuh Gear VR edisi 2016 kini tak lagi berwarna putih, melainkan hitam sehingga lebih mirip dengan produk-produk sejenis lainnya seperti Oculus Rift dan HTC Vive.

Baca: Kapan Galaxy Note 7 Mulai Dijual?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.