Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Samsung Gear VR Baru Dukung USB Type-C

Kompas.com - 03/08/2016, 00:20 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran Galaxy Note 7, dalam acara peluncuran yang digelar di kota New York, AS, Selasa (2/8/2016), Samsung turut memperkenalkan headset virtual reality Gear VR versi baru.

Baca: Bukan Galaxy Note 6, Samsung Luncurkan Galaxy Note 7

Update Gear VR edisi 2016 mengetengahkan touchpad baru, konektivitas USB type-C, dan bidang pandang yang lebih lebar dibanding produk terdahulu (101 derajat, berbanding 96 derajat).

Dari segi desain, Samsung mengklaim bahwa perangkat barunya ini lebih nyaman digunakan dari generasi sebelumnya.

"Terima kasih atas umpan balik Anda, kami membuat Gear VR baru ini lebih ergonomis dan nyaman," ujar Suzanne De Silva, Senior Manager Product Planning Samsung, di hadapan media dan undangan, termasuk jurnalis KompasTekno, Reza Wahyudi.

Meski demikian, harga jualnya tetap dipertahankan di angka 99 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 juta. Gear VR edisi 2016 rencananya akan mulai dijual pada 19 Agustus mendatang, dimulai dari pasaran Amerika Serikat.

Di luar beberapa perubahan di atas, Gear VR edisi 2016 tak menghadirkan peningkatan lain.

Headset VR ini dirancang untuk dipasangkan dengan Galaxy Note 7 yang memiliki tingkat kepadatan pixel 518ppi, sama dengan seri Galaxy Note sebelumnya, serta Galaxy S7 dan S7 Edge.

Pihak Samsung sendiri belum menyebutkan, apakah produk di luar smartphone di atas bisa dipasangkan juga dengan Gear VR baru ini atau tidak.

Port USB type-C Gear VR 2016 bisa langsung terhubung dengan Galaxy Note 7 yang juga menggunakan tipe konektor tersebut. Untuk pemilik perangkat terdahulu, Samsung menyediakan adapter port USB type-C ke micro USB.

Sekujur tubuh Gear VR edisi 2016 kini tak lagi berwarna putih, melainkan hitam sehingga lebih mirip dengan produk-produk sejenis lainnya seperti Oculus Rift dan HTC Vive.

Baca: Kapan Galaxy Note 7 Mulai Dijual?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com