Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Resmi Luncurkan Android "Selfie 16 MP" F1s di Indonesia

Kompas.com - 03/08/2016, 12:15 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo F1s akhirnya resmi dirilis di tiga negara secara serentak hari ini, Rabu (3/8/2016). Di Indonesia, peluncuran berlangsung di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta.

F1s digadang-gadang sebagai ponsel "selfie expert" alias ahlinya selfie. Berbekal kamera selfie 16 megapiksel, F1s menjadi smartphone dengan resolusi kamera depan tertinggi di pasaran saat ini bersama dengan F1 Plus.

"Sejak dari F1 yang pertama diluncurkan pada Februari, kami memang fokus sebagai ponsel kamera. Empat bulan lalu kami juga luncurkan F1 Plus, sekarang kami yakin F1s akan membawa kejutan yang berbeda," kata Brand Manager Oppo Indonesia, Alinna Wen, di atas panggung peluncuran.

Baca: Oppo F1 Plus Berkamera Depan 16 MP Masuk Indonesia

Kamera F1s memiliki bukaan F/2.0 yang bisa dibilang memadai untuk menangkap cahaya. Adik bungsu dari F1 dan F1 Plus ini diklaim mampu diandalkan pada kondisi cahaya minim atau backlight.

Fitur beautification pun tak ketinggalan pada ponsel selfie expert ini. Pengguna bisa mengatur kadar kecantikan yang ingin tertera pada foto, mulai dari tone kulit, tingkat kemulusan, dan unsur-unsur lain yang tersedia pada opsi penyetelan.

Dengan begitu, pengguna tak perlu takut hasil beautification akan tampak palsu dan benar-benar berbeda dengan kondisi wajah asli.

"F1s tak akan menghilangkan kumis pengguna," kata Public Communication Oppo Indonesia, Suwanto, pada kesempatan yang sama.

Ada juga screen flash yang bisa diandalkan ketika berada di ruang gelap. Menurut Public Communication Oppo Indonesia, Suwanto, screen flash akan mengkakulasi cahaya sehingga foto tak akan terlihat terlalu terang.

Kamera belakang sama bagusnya

Pada kamera belakang, F1s memercayakan pada sensor beresolusi 13 megapiksel. Meski lebih rendah, kualitasnya dikatakan tak kalah dari kamera depannya.

Kamera utama F1s memiliki fitur PDAF yang bisa menghasilkan foto hingga 50 megapiksel. Format foto juga bisa disetel RAW hingga dapat diedit lebih lanjut tanpa membuat gambar pecah. (Baca: Live Blog Peluncuran Oppo F1s)

Dari segi keamanan, F1s mematrikan fitur pemindai sidik jari alias fingerprint scanner pada tombol home yang tertera di sisi bawah tengah layar. Menurut Suwanto, fingerprint scanner itu akan makin peka ketika digunakan berkali-kali.

Pengguna bisa mendaftarkan lima sidik jadi berbeda untuk membuka ponsel dan membuka aplikasi-aplikasi di dalamnya. Pemrosesan sidik jari untuk izin akses tak memakan waktu lama, hanya sekitar 0,2 detik.

Spesifikasi lain dari ponsel ini meliputi prosesor octa-core, RAM 3GB, memori internal 32GB yang bisa ditambahkan hingga 128GB dengan microSD eksternal,baterai 3075 mAH, dan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop yang dipadankan dengan colorOS 3.0.

Baca: Oppo Jadi Raja Ponsel di China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com