Kompas.com - 03/08/2016, 18:28 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengumumkan hasil penghitungan tarif interkoneksi tahun 2016. Secara rata-rata dari total 18 skenario interkoneksi jaringan seluler, terjadi penurunan 26 persen dibanding tarif sebelumnya.

Ke-18 skenario yang dimaksud merupakan rincian kategori interkoneksi, mulai dari panggilan lokal ke fixed line, lokal ke mobile, lokal ke satelit, hingga biaya terminasi SMS.

Bagi masing-masing operator telekomunikasi, efek penurunan tarif interkoneksi ini berbeda-beda. Ada kemungkinan untuk membuat tarif telepon jadi makin murah, meski bisa juga tak berpengaruh banyak.

"Penurunan yang terjadi bervariasi, sesuai dengan line per line pada skenario perhitungan interkoneksi. Kalau efek retail panggilan seluler ke seluler, mungkin ada tapi nggak banyak," ujar CEO Indosat, Alexander Rusli kepada KompasTekno, Rabu (3/8/2016).

CEO XL Axiata Dian Siswarini juga berpendapat bahwa penurunan tarif interkoneksi akan berpengaruh pada makin murahnya tarif ritel. Tapi belum diketahui seberapa murahkah penurunan tersebut.

“Walaupun penurunan tarif interkoneksi tidak sesuai dengan yang kami harapkan, tapi kami sambut positif. Tentu ada pengaruhnya terhadap tarif retail. Tapi belum bisa dipastikan levelnya," terang Dian.

Sedangkan Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys justru berpendapat penurunan sebesar rata-rata 26 persen itu kemungkinan tidak banyak berpengaruh pada perusahaan. Pasalnya, layanan voice atau panggilan telepon, bukan sesuatu yang dominan bagi Smartfren.

“Kami revenue dari voice cuma 30 persen, sisanya dari data. Karena itu penurunan interkoneksinya ini tidak terlalu berpengaruh, voice-nya kecil,” terang Merza.

“Kalau operator lain yang revenue voice-nya besar, mungkin saja terpengaruh,” imbuhnya.

Sementara itu, Vice Presiden Director Hutchson Tri Indonesia, M. Danny Buldansyah meyambut baik soal penurunan tarif interkoneksi sebesar 25 persen itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.