Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Bakal Kirim Notifikasi Jika Ada "Log In" di Perangkat Baru

Kompas.com - 04/08/2016, 08:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Kini ponsel Android akan memberi tahu jika akun Google milik Anda dipakai log in di perangkat lain. Pemberitahuan ini berupa notifikasi yang sekaligus menjadi shortcut untuk mengamankan akun.

Bentuk notifikasi tersebut layaknya pemberitahuan pesan WhatsApp atau SMS. Ia tergabung dengan notifikasi-notifikasi lain, yang biasanya terletak di bagian atas. Untuk membuka kumpulan notifikasi itu, cukup sapukan (swipe) jari dari bagian atas layar ke arah bawah.

“Apakah Anda baru saja log-in? Ada akun baru yang mengakses akun Google Anda,” begitu tulis notifikasi yang dimaksud.

Bila menyentuh notifikasi tersebut, pengguna akan menemukan informasi berupa merek dan tipe ponsel yang dipakai mengakses akun, waktu akses, lokasi akses, aplikasi yang dipakai, hingga alamat internet protocol (IP) pengakses tersebut.

Seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (4/7/2016), model notifikasi baru ini membantu pengguna menyadari keberadaaan penyerang atau orang asing yang mencoba log-in ke akun mereka.

Bahkan, pengguna bisa merespons dalam waktu singkat. Jika memang log-in tersebut dilakukan orang lain, pengguna cukup memilih tombol bertuliskan, “No, secure account” artinya “Bukan, segera amankan akun Saya.”

Google akan segera meluncurkan notifikasi ini untuk semua perangkat Android dalam beberapa pekan mendatang.

Sebelumnya, Google secara otomatis mengirimkan notifikasi terkait log-in ini ke e-mail pengguna. Namun cara tersebut dinilai kurang praktis. Ada saja yang menyebabkan pengguna tidak sempat melihatnya. Notifikasi langsung di ponsel akan membuat pengamanan lebih efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com