Fujifilm Jualan Film Eceran, Harga Makin Mahal?

Kompas.com - 04/08/2016, 10:41 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Jauh sebelum era kamera digital, fotografer membutuhkan film seluloid untuk menjepret gambar. Bahkan, hingga saat ini masih ada juru jepret foto yang masih menggunakan media tersebut.

Jika Anda masih menjadi pengguna setia film, ada kabar buruk. Fujifilm, sebagai salah satu produsen film terbesar, telah mengumumkan akan berhenti berjualan film secara multipack.

Namun, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Ubergizmo, Kamis (4/8/2016), penghentian tersebut tidak berarti Fuji benar-benar berhenti menjual film. Hanya produk multipack, alias beberapa roll film dalam satu kotak saja yang berhenti dijual.

Perusahaan Jepang ini masih akan berjualan roll film secara satuan atau eceran. Akan tetapi, film secara satuan biasanya dijual lebih mahal dari paket multipack.

Apakah penghentian penjualan film multipack ini punya dampak yang besar? Tampaknya iya. Menurut media Japan Camera Hunter, implikasi dari penghentian penjualan tersebut bisa menjadi lebih besar dari yang diperkirakan.

"Jadi tanpa disebut, harga (film satuan) akan meningkat. Ini artinya harga untuk film akan di luar jangkauan untuk sebagian orang dan membuatnya kurang populer, penjualan akan menurun, akan ada kenaikan harga lagi dan mengarah ke penghentian penjualan," tulis media tersebut.

Hingga saat ini, Fujifilm masih belum membeberkan maksud di balik keputusan penghentian penjualan tersebut. Mungkin ini saat yang tepat untuk "menimbun" roll film, sebelum akhirnya akan punah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Ubergizmo

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.