Facebook Bangun Lab "Hardware", Kembangkan Drone dan VR

Kompas.com - 04/08/2016, 11:28 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Minggu ini, Facebook membuka sebuah kompleks bangunan yang berfungsi sebagai pusat pengembangan teknologi hardware besutan raksasa jejaring sosial tersebut.

Bernama Area 404 (pelesetan dari kode yang muncul saat sebuah situs internet tidak ditemukan oleh browser), teknologi yang dikembangkan di sana antara lain mencakup drone internet dan perangkat virtual reality (VR).

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (4/8/2016), fasilitas seluas 6.700 meter persegi itu memuat berbagai alat pengujian seperti CT scanner, mikroskop elektron, hingga water jet.

Area kerja terbagi dua, yakni teknik kelistrikan dan pengerjaan prototipe. Bangunan dirancang agar memudahkan kolaborasi antar tim supaya lebih gampang membuahkan temuan baru.

Facebook belakangan memang giat merambah ranah hardware. Sekitar enam tahun lalu, perusahaan jejaring sosial itu mulai membikin komputer server dan alat networking sendiri untuk mengakomodasi jumlah pengguna layanannya yang makin membeludak.

Dalam upayanya menyebarkan internet ke pelosok-pelosok terpencil, Facebook pun mengembangkan aneka perangkat keras, seperti antena wireless, laser untuk keperluan komunikasi, dan drone internet yang melayang di angkasa.

Begitu pun dengan virtual reality, Facebook mengakuisisi pembuat headset VR, Oculus.

Kecuali headset VR ini, hardware yang dikembangkan Facebook sebenarnya tidak untuk dijual secara langsung ke konsumen, tetapi untuk dipakai sendiri atau disebarkan sebagai desain open source (misalnya antena dan drone) untuk mendorong perkembangan teknologi secara keseluruhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.