Pengguna Instagram Bisa Saring Komentar Kasar

Kompas.com - 04/08/2016, 12:12 WIB
Aplikasi Instagram. IstAplikasi Instagram.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Instagram akhirnya merilis sebuah filter atau alat penyaring kata-kata di kolom komentar. Fitur ini baru bisa dipakai sejumlah pengguna terpilih saja.

Filter tersebut diaktifkan dengan cara manual. Pengguna mesti memasukkan kata-kata yang ingin diblokir ke dalam sebuah kolom.

Setelahnya, kata-kata yang tertulis dalam kolom akan otomatis diblokir sehingga tidak akan muncul sebagai komentar di foto milik pengguna.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (4/8/2016), filter ini merupakan cara Instagram mengatasi masalah spam dan penyebaran ujaran kebencian yang seringkali dikirimkan ke kolom komentar.

Perencanaan mengenai filter ini sudah sempat bocor pada pekan lalu. Saat itu, model profesional Chrissy Teigen mengunggah sebuah screenshot ke akun Twitter-nya.


Screenshot tersebut berisi sebuah kolom "Your Custom Keywords", yaitu filter yang berguna menyaring berbagai kata supaya tidak muncul di kolom komentar milik penggunanya. Teigen menuliskan kata "Trump", "Colon", "Cleanse" serta sejumlah kata lain di dalam kolom tersebut yang ingin diblokir.

Sekarang fitur penyaring kata itu baru bisa dipakai oleh akun-akun Instagram selebriti atau mereka yang terpilih. Ke depannya, Instagram berjanji akan merilisnya ke seluruh pengguna dalam waktu dekat ini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X