Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Instagram Bisa Saring Komentar Kasar

Kompas.com - 04/08/2016, 12:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Instagram akhirnya merilis sebuah filter atau alat penyaring kata-kata di kolom komentar. Fitur ini baru bisa dipakai sejumlah pengguna terpilih saja.

Filter tersebut diaktifkan dengan cara manual. Pengguna mesti memasukkan kata-kata yang ingin diblokir ke dalam sebuah kolom.

Setelahnya, kata-kata yang tertulis dalam kolom akan otomatis diblokir sehingga tidak akan muncul sebagai komentar di foto milik pengguna.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (4/8/2016), filter ini merupakan cara Instagram mengatasi masalah spam dan penyebaran ujaran kebencian yang seringkali dikirimkan ke kolom komentar.

Perencanaan mengenai filter ini sudah sempat bocor pada pekan lalu. Saat itu, model profesional Chrissy Teigen mengunggah sebuah screenshot ke akun Twitter-nya.


Screenshot tersebut berisi sebuah kolom "Your Custom Keywords", yaitu filter yang berguna menyaring berbagai kata supaya tidak muncul di kolom komentar milik penggunanya. Teigen menuliskan kata "Trump", "Colon", "Cleanse" serta sejumlah kata lain di dalam kolom tersebut yang ingin diblokir.

Sekarang fitur penyaring kata itu baru bisa dipakai oleh akun-akun Instagram selebriti atau mereka yang terpilih. Ke depannya, Instagram berjanji akan merilisnya ke seluruh pengguna dalam waktu dekat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com