Kompas.com - 05/08/2016, 08:12 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Xiaomi kembali melebarkan sayap. Kali ini, pabrikan smartphone dan elektronik asal China itu memperkenalkan produk headset virtual reality (VR) bernama Mi VR Play.

Xiaomi sebelumnya memang sempat dikabarkan bakal membuat headset untuk menyaingi GearVR dari Samsung. Namun, Mi VR Play lebih mirip dengan Googe Cardboard.

“Mi VR Play adalah produk VR pertama Xiaomi yang diluncurkan di China hari ini. Ia menyediakan pengalaman VR yang imersif dalam kemasan yang ringkas, stylish, dan fungsional,” ujar VP Global Xiaomi Hugo Barra dalam sebuah posting di Facebook, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (5/8/2016).

Baca: Xiaomi Rilis Notebook Air, Penantang Laptop Tipis Apple

Seperti Cardboard dan Gear VR, Mi VR Play mesti digunakan dengan smartphone yang bertindak sebagai layar untuk memproyeksikan gambar ke mata pengguna melalui sepasang lensa khusus.

Xiaomi Mi VR Play akan tersedia dalam sejumlah pilihan warna dan pola

Headset yang dibuat dari bahan Spandex dan Lycra ini bisa digunakan dengan smartphone yang memiliki ukuran antara 4,7 inci hingga 5,7 inci. Merek smartphone yang dipakai pun tidak terbatas pada Xaiaomi saja, bisa juga bikinan produsen lain.

Ponsel dipasang pada tempatnya dengan ritsleting. Di bagian depan headset terdapat dua celah untuk mengatur posisi smartphone.

Lewat aplikasi pendamping Mi VR Play, pengguna bisa mengakses aneka konten VR dari penyedia asal China, seperti Youku, iQiyi, dan VR Hotcast. Aplikasi ini dirancang agar pengguna bisa bernavigasi dengan menggerakkan kepala untuk memilih item, lalu menekan tombol yang terletak di atas headset.

Meski sudah meluncur, Xiaomi belum merilis Mi VR Play di pasaran China. Harganya pun belum diumumkan. Mi VR Play saat ini masih melalui tahap public testing. Belum jelas pula apakah ia akan dipasarkan di luar China atau tidak.

Baca: Resmi, Redmi Pro Berkamera Ganda dan Prosesor 10 Core

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Facebook
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.