Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Perkenalkan Headset “Virtual Reality” Pertamanya

Kompas.com - 05/08/2016, 08:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Facebook

KOMPAS.com - Xiaomi kembali melebarkan sayap. Kali ini, pabrikan smartphone dan elektronik asal China itu memperkenalkan produk headset virtual reality (VR) bernama Mi VR Play.

Xiaomi sebelumnya memang sempat dikabarkan bakal membuat headset untuk menyaingi GearVR dari Samsung. Namun, Mi VR Play lebih mirip dengan Googe Cardboard.

“Mi VR Play adalah produk VR pertama Xiaomi yang diluncurkan di China hari ini. Ia menyediakan pengalaman VR yang imersif dalam kemasan yang ringkas, stylish, dan fungsional,” ujar VP Global Xiaomi Hugo Barra dalam sebuah posting di Facebook, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (5/8/2016).

Baca: Xiaomi Rilis Notebook Air, Penantang Laptop Tipis Apple

Seperti Cardboard dan Gear VR, Mi VR Play mesti digunakan dengan smartphone yang bertindak sebagai layar untuk memproyeksikan gambar ke mata pengguna melalui sepasang lensa khusus.

Xiaomi Mi VR Play akan tersedia dalam sejumlah pilihan warna dan pola

Headset yang dibuat dari bahan Spandex dan Lycra ini bisa digunakan dengan smartphone yang memiliki ukuran antara 4,7 inci hingga 5,7 inci. Merek smartphone yang dipakai pun tidak terbatas pada Xaiaomi saja, bisa juga bikinan produsen lain.

Ponsel dipasang pada tempatnya dengan ritsleting. Di bagian depan headset terdapat dua celah untuk mengatur posisi smartphone.

Lewat aplikasi pendamping Mi VR Play, pengguna bisa mengakses aneka konten VR dari penyedia asal China, seperti Youku, iQiyi, dan VR Hotcast. Aplikasi ini dirancang agar pengguna bisa bernavigasi dengan menggerakkan kepala untuk memilih item, lalu menekan tombol yang terletak di atas headset.

Meski sudah meluncur, Xiaomi belum merilis Mi VR Play di pasaran China. Harganya pun belum diumumkan. Mi VR Play saat ini masih melalui tahap public testing. Belum jelas pula apakah ia akan dipasarkan di luar China atau tidak.

Baca: Resmi, Redmi Pro Berkamera Ganda dan Prosesor 10 Core

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com