Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara "Pokemon Go", Atlet Olimpiade Kena Tagihan Rp 65 Juta

Kompas.com - 05/08/2016, 13:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Kohei Uchimura kaget bukan kepalang saat mendapati tagihan ponselnya telah mencapai angka 5.000 dollar AS atau lebih dari Rp 65 juta.

Jumlah tersebut merupakan biaya roaming dari operator selulernya saat Uchimura, seorang atlet senam putra asal Jepang, sedang berada di Rio de Janeiro, Brazil, untuk mengikuti Olimpiade 2016 minggu ini.

“Dia terlihat kaku seperti orang mati saat acara makan tim hari itu,” kata seorang rekan mengomentari keterkejutan Uchimura, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (5/8/2016).

Baca: Pria Ini Rela Jadi Pengangguran demi Pokemon Go

Mengapa tagihan Uchimura bisa begitu besar? Rupanya sang atlet keranjingan Pokemon Go. Dia sebenarnya baru mengunduh game tersebut saat tiba di Sao Paulo untuk berlatih, 3 Agustus kemarin.

Perjumpaan pertama Uchimura dengan Pokemon Go sudah cukup untuk membuatnya kepincut. Dia pun sibuk wira-wiri keliling kompleks atlet untuk mencari para monster imut dalam game itu, meski belum mengatur setting ponsel untuk roaming.

Alhasil, biaya pemakaian internasional pun menumpuk dengan cepat sehingga pada akhirnya membuahkan angka di atas.

Sebelum akhirnya hadir di Brazil pada hari yang sama dengan percobaan perdana Uchimura, Pokemon Go sempat absen sehingga membuat sedih para atlet Olimpiade yang ingin berburu Pokemon.

Uchimura sendiri bukanlah orang sembarangan. Dia adalah atlet senam kenamaan yang memegang medali emas Olimpiade sejak 2009 hingga 2012 dan dipandang sebagai salah satu atlet senam terbaik.

Toh, prestasinya itu tak membuatnya kebal dari demam Pokemon Go yang juga melanda jutaan orang lain di seluruh dunia.

Untunglah cerita ini berakhir dengan happy ending. Setelah Uchimura menghubungi operator selulernya untuk menyampaikan keluhan, sang ikon olahraga di Jepang ini hanya dikenakan tarif flat sebesar 30 dollar AS per hari.

Baca: Pokemon Go Resmi Hadir di Brasil, Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com