Gara-gara "Pokemon Go", Atlet Olimpiade Kena Tagihan Rp 65 Juta

Kompas.com - 05/08/2016, 13:35 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Kohei Uchimura kaget bukan kepalang saat mendapati tagihan ponselnya telah mencapai angka 5.000 dollar AS atau lebih dari Rp 65 juta.

Jumlah tersebut merupakan biaya roaming dari operator selulernya saat Uchimura, seorang atlet senam putra asal Jepang, sedang berada di Rio de Janeiro, Brazil, untuk mengikuti Olimpiade 2016 minggu ini.

“Dia terlihat kaku seperti orang mati saat acara makan tim hari itu,” kata seorang rekan mengomentari keterkejutan Uchimura, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (5/8/2016).

Baca: Pria Ini Rela Jadi Pengangguran demi Pokemon Go

Mengapa tagihan Uchimura bisa begitu besar? Rupanya sang atlet keranjingan Pokemon Go. Dia sebenarnya baru mengunduh game tersebut saat tiba di Sao Paulo untuk berlatih, 3 Agustus kemarin.

Perjumpaan pertama Uchimura dengan Pokemon Go sudah cukup untuk membuatnya kepincut. Dia pun sibuk wira-wiri keliling kompleks atlet untuk mencari para monster imut dalam game itu, meski belum mengatur setting ponsel untuk roaming.

Alhasil, biaya pemakaian internasional pun menumpuk dengan cepat sehingga pada akhirnya membuahkan angka di atas.

Sebelum akhirnya hadir di Brazil pada hari yang sama dengan percobaan perdana Uchimura, Pokemon Go sempat absen sehingga membuat sedih para atlet Olimpiade yang ingin berburu Pokemon.

Uchimura sendiri bukanlah orang sembarangan. Dia adalah atlet senam kenamaan yang memegang medali emas Olimpiade sejak 2009 hingga 2012 dan dipandang sebagai salah satu atlet senam terbaik.

Toh, prestasinya itu tak membuatnya kebal dari demam Pokemon Go yang juga melanda jutaan orang lain di seluruh dunia.

Untunglah cerita ini berakhir dengan happy ending. Setelah Uchimura menghubungi operator selulernya untuk menyampaikan keluhan, sang ikon olahraga di Jepang ini hanya dikenakan tarif flat sebesar 30 dollar AS per hari.

Baca: Pokemon Go Resmi Hadir di Brasil, Indonesia?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.