Android Marshmallow Baru Bisa Dekati Jelly Bean

Kompas.com - 06/08/2016, 15:08 WIB
Patung Android Marshmallow di kantor pusat Google, Mountain View, California. Wicak Hidayat/KompasTeknoPatung Android Marshmallow di kantor pusat Google, Mountain View, California.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Di tengah-tengah antusiasme menyambut sistem operasi masa depan Android 7.0 Nougat, angka distribusi OS versi sebelumnya perlahan merangkak naik.

Data Android Dashboard yang dilansir KompasTekno dari SlashGear, Sabtu (6/8/2016) menyebutkan bahwa sistem operasi Android 6.0 yang dikenal dengan julukan Marshmallow itu kini sudah dipakai oleh 15,2 persen perangkat Android, per 1 Agustus 2016.

Meski demikian, hal tersebut berarti Mashmallow baru mendekati capaian sistem operasi Android yang lebih tua lagi, yakni versi 5.0 alias Jelly Bean di kisaran 16 persen.

Sebagian besar perangkat Android tercatat masih menjalankan OS versi 4.4 (Kitkat) yang hampir berumur 3 tahun semenjak pertama muncul pada smartphone Nexus 5, Oktober 2013 lalu.

Google Distribusi versi sistem operasi Android, per 1 Agustus 2016

Adopsi sistem operasi Android versi baru memang dikenal lamban dibandingkan platform populer lainnya, iOS besutan Apple.

Ini karena update software bergantung pada masing-masing produsen perangkat. Belum tentu tiap gadget akan memperoleh pembaruan ke versi terkini.

Satu-satunya gadget yang “dijamin” mendapat update adalah keluarga Nexus bikinan Google sendiri (melalui kemitraan dengan rekanan produsen hardware).

Marshmallow pun baru mencapai angka 15 persen setelah beredar selama setahun. Sebagian kecil perangkat masih berkutat di Android versi lawas seperti Ice Cream Sandwich (4.0.4), Gingerbread (2.3.3), bahkan Froyo (2.2).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SlashGear

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.