Kompas.com - 08/08/2016, 06:42 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup layanan menumpang kendaraan, TemanJalan kini bisa diakses melalui aplikasi khusus di iOS dan Android.

Aplikasi TemanJalan, seperti halnya pada layanan web mereka, mempertemukan pengguna dengan pengemudi yang punya tujuan perjalanan sama. Pengguna bisa menumpang pada pengemudi tersebut.

“Dengan TemanJalan kami berharap semakin banyak komuter yang memanfaatkan fitur untuk berbagi tumpangan secara aman, mudah, dan menyenangkan,” tutur CEO TemanJalan Fauzan Helmi Sudaryanto melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (8/8/2016).

Untuk urusan keamanan, menurut Fauzan, TemanJalan memakai sistem verifikasi berdasarkan Kartu Tanda Mahasiswa dan Kartu Tanda Penduduk. Ada juga catatan riwayat perjalanan, rating, serta komentar dari pengguna lain yang pernah ikut menumpang.

Pengguna pun diberi keleluasaan untuk menyaring pilihan tumpangan berdasarkan waktu keberangkatan, jenis kelamin, dan jenis kendaraan yang dipakai. Sebelum memutuskan menumpang, pengguna bisa mengintip profil pemberi tumpangan, misalnya terkait  pekerjaannya.

Di dalam aplikasi TemanJalan terdapat fitur in-app chat, sehingga pengguna bisa menghubungi pemberi tumpangan tanpa harus saling bertukar nomor telepon. Soal pembayaran, aplikasi ini memakai koin virtual yang bisa diperoleh dengan cara membelinya. Tarif perjalanan adalah Rp 1.000 per kilometer.

“Selain dapat menjadi ajang networking on-the-go, kami berharap TemanJalan juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas sebagai salah satu solusi untuk mendukung kebijakan plat ganjil-genap yang sudah mulai diuji coba minggu ini di Jakarta,” tutup Fauzan.

TemanJalan bisa diunduh pengguna Android di tautan berikut ini, dan pengguna iOS di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.