Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TemanJalan Rilis Aplikasi iOS dan Android

Kompas.com - 08/08/2016, 06:42 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup layanan menumpang kendaraan, TemanJalan kini bisa diakses melalui aplikasi khusus di iOS dan Android.

Aplikasi TemanJalan, seperti halnya pada layanan web mereka, mempertemukan pengguna dengan pengemudi yang punya tujuan perjalanan sama. Pengguna bisa menumpang pada pengemudi tersebut.

“Dengan TemanJalan kami berharap semakin banyak komuter yang memanfaatkan fitur untuk berbagi tumpangan secara aman, mudah, dan menyenangkan,” tutur CEO TemanJalan Fauzan Helmi Sudaryanto melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (8/8/2016).

Untuk urusan keamanan, menurut Fauzan, TemanJalan memakai sistem verifikasi berdasarkan Kartu Tanda Mahasiswa dan Kartu Tanda Penduduk. Ada juga catatan riwayat perjalanan, rating, serta komentar dari pengguna lain yang pernah ikut menumpang.

Pengguna pun diberi keleluasaan untuk menyaring pilihan tumpangan berdasarkan waktu keberangkatan, jenis kelamin, dan jenis kendaraan yang dipakai. Sebelum memutuskan menumpang, pengguna bisa mengintip profil pemberi tumpangan, misalnya terkait  pekerjaannya.

Di dalam aplikasi TemanJalan terdapat fitur in-app chat, sehingga pengguna bisa menghubungi pemberi tumpangan tanpa harus saling bertukar nomor telepon. Soal pembayaran, aplikasi ini memakai koin virtual yang bisa diperoleh dengan cara membelinya. Tarif perjalanan adalah Rp 1.000 per kilometer.

“Selain dapat menjadi ajang networking on-the-go, kami berharap TemanJalan juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas sebagai salah satu solusi untuk mendukung kebijakan plat ganjil-genap yang sudah mulai diuji coba minggu ini di Jakarta,” tutup Fauzan.

TemanJalan bisa diunduh pengguna Android di tautan berikut ini, dan pengguna iOS di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com