Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Web Pertama di Dunia Dibuka 25 Tahun Lalu, Apa Isinya?

Kompas.com - 08/08/2016, 08:43 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Situs internet pertama di dunia dibuka perdana untuk publik pada 25 tahun silam. Situs yang dimaksud adalah bagian dari proyek World Wide Web yang digagas oleh Tim Berners-Lee.

Pembukaan perdana tersebut tepatnya terjadi pada 6 Agustus 1991 silam. Tak ada seremoni heboh yang menyertainya.

Lee hanya mengumumkan proyek tersebut dalam sebuah grup Usenet, yaitu sebuah protokol komunikasi antar komputer yang terhubung melalui jaringan. Usenet disebut juga sebagai nenek moyang forum internet dan sudah ada sebelum internet atau world wide web dirilis.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Senin (8/8/2016), setelah pengumuman dalam grup itu pun situs perdana Lee tak langsung mendapat pengunjung. Baru pada 23 Agustus 1991 situs perdana tersebut mendapatkan kunjungan.

Alamat situs pertama dunia adalah http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html. Di dalamnya hanya berisi teks serta penjelasan mengenai cara membuat hyperlink.

Walau demikian sederhana, peluncuran tersebut merupakan titik tolak kemunculan situs sebagai sebuah alat yang digunakan oleh banyak orang.

Perubahan ini tak terjadi dalam waktu singkat. Setidaknya, pemakaian situs sebagai sebuah alat mulai ramai sekitar dua tahun setelah peluncuran perdananya, atau pada 1993.

Saat itu National Center for Supercomputing Application (NCSA) merilis peramban (browser) bernama Mosaic. Peramban ini bisa dikatakan sebagai nenek moyang Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan berbagai peramban lain yang kita kenal di masa kini.

Setelah perilisan peramban Mosaic, Eupean Organization for Nuclear Research (CERN) membuatnya menjad software gratis dan sebuah proyek open source. Dengan demikian Mosaic menjadi populer dan dipakai banyak orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com