Situs Web Pertama di Dunia Dibuka 25 Tahun Lalu, Apa Isinya?

Kompas.com - 08/08/2016, 08:43 WIB
Tampilan situs yang dibuka pertama kali di dunia Business InsiderTampilan situs yang dibuka pertama kali di dunia
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Situs internet pertama di dunia dibuka perdana untuk publik pada 25 tahun silam. Situs yang dimaksud adalah bagian dari proyek World Wide Web yang digagas oleh Tim Berners-Lee.

Pembukaan perdana tersebut tepatnya terjadi pada 6 Agustus 1991 silam. Tak ada seremoni heboh yang menyertainya.

Lee hanya mengumumkan proyek tersebut dalam sebuah grup Usenet, yaitu sebuah protokol komunikasi antar komputer yang terhubung melalui jaringan. Usenet disebut juga sebagai nenek moyang forum internet dan sudah ada sebelum internet atau world wide web dirilis.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Senin (8/8/2016), setelah pengumuman dalam grup itu pun situs perdana Lee tak langsung mendapat pengunjung. Baru pada 23 Agustus 1991 situs perdana tersebut mendapatkan kunjungan.

Alamat situs pertama dunia adalah http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html. Di dalamnya hanya berisi teks serta penjelasan mengenai cara membuat hyperlink.

Walau demikian sederhana, peluncuran tersebut merupakan titik tolak kemunculan situs sebagai sebuah alat yang digunakan oleh banyak orang.

Perubahan ini tak terjadi dalam waktu singkat. Setidaknya, pemakaian situs sebagai sebuah alat mulai ramai sekitar dua tahun setelah peluncuran perdananya, atau pada 1993.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat itu National Center for Supercomputing Application (NCSA) merilis peramban (browser) bernama Mosaic. Peramban ini bisa dikatakan sebagai nenek moyang Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan berbagai peramban lain yang kita kenal di masa kini.

Setelah perilisan peramban Mosaic, Eupean Organization for Nuclear Research (CERN) membuatnya menjad software gratis dan sebuah proyek open source. Dengan demikian Mosaic menjadi populer dan dipakai banyak orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.