Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan, "Pokemon Go" Raup Rp 2,6 Triliun

Kompas.com - 08/08/2016, 12:46 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Hanya dalam hitungan satu bulan setelah peluncuran, Pokemon Go meraih untung besar. Keuntungan tersebut diperkirakan telah mencapai angka 200 juta dollar AS atau Rp 2,6 triliun.

Adalah Sensor Tower, sebuah lembaga analis, yang memprediksi keuntungan yang didapatkan oleh pengembang Pokemon Go.

Menurut lembaga tersebut, nilai keuntungan itu benar-benar melewati permainan populer lain yang lebih dulu dirilis. Sebut saja Clash Royale yang dalam 30 hari pertama, hanya berhasil mengantongi keuntungan sekitar setengahnya saja.

Selain itu, keuntungan Rp 2,6 triliun yang diraih Pokemon Go juga berhasil melewati permainan populer Candy Crush Saga.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (8/8/2016), menurut riset Sensor Tower, keuntungan senilai triliunan rupiah itu dihasilkan dari berbagai item yang dijual dalam Pokemon Go.

Beberapa item di antaranya adalah Pokeball, sebuah bola untuk menangkap monster, kemudian Lure dan Incense yang dipakai untuk memancing kedatangan Pokemon liar.

Pokemon Go memanen untung besar seiring dengan rencana Niantic, perusahaan pengembang permainan tersebut, merilisnya ke seluruh dunia. Keuntungan terbesar diperoleh dari peluncuran yang dilakukan di Jepang.

Permainan ini masih akan terus menambah untung. Pasalnya Niantic baru saja merilisnya secara resmi di 15 negara baru, yaitu Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Taiwan, Papua Nugini, Fiji, Kepulauan Solomon, Mikronesia, Palau dan Indonesia.

Di Indonesia sendiri para pengguna gadget sebenarnya sudah ramai memainkan Pokemon Go sebelum game tersebut resmi dirilis. Pemain memasang permainan ini menggunakan data APK yang bisa ditemukan di “jalur belakang”.

Kendati demikian, entah mengapa, para pemain bisa mengakses server Pokemon Go meskipun belum masuk Indonesia. Tidak demikian halnya dengan negara-negara lain yang belum resmi kebagian.

Baca: Begini Cara Bermain Pokemon Go

Untuk melihat cara bermain Pokemon Go yang lebih lengkap, kunjungi vik.kompas.com/pokemongo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com