Sebulan, "Pokemon Go" Raup Rp 2,6 Triliun

Kompas.com - 08/08/2016, 12:46 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Hanya dalam hitungan satu bulan setelah peluncuran, Pokemon Go meraih untung besar. Keuntungan tersebut diperkirakan telah mencapai angka 200 juta dollar AS atau Rp 2,6 triliun.

Adalah Sensor Tower, sebuah lembaga analis, yang memprediksi keuntungan yang didapatkan oleh pengembang Pokemon Go.

Menurut lembaga tersebut, nilai keuntungan itu benar-benar melewati permainan populer lain yang lebih dulu dirilis. Sebut saja Clash Royale yang dalam 30 hari pertama, hanya berhasil mengantongi keuntungan sekitar setengahnya saja.

Selain itu, keuntungan Rp 2,6 triliun yang diraih Pokemon Go juga berhasil melewati permainan populer Candy Crush Saga.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (8/8/2016), menurut riset Sensor Tower, keuntungan senilai triliunan rupiah itu dihasilkan dari berbagai item yang dijual dalam Pokemon Go.

Beberapa item di antaranya adalah Pokeball, sebuah bola untuk menangkap monster, kemudian Lure dan Incense yang dipakai untuk memancing kedatangan Pokemon liar.

Pokemon Go memanen untung besar seiring dengan rencana Niantic, perusahaan pengembang permainan tersebut, merilisnya ke seluruh dunia. Keuntungan terbesar diperoleh dari peluncuran yang dilakukan di Jepang.

Permainan ini masih akan terus menambah untung. Pasalnya Niantic baru saja merilisnya secara resmi di 15 negara baru, yaitu Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Taiwan, Papua Nugini, Fiji, Kepulauan Solomon, Mikronesia, Palau dan Indonesia.

Di Indonesia sendiri para pengguna gadget sebenarnya sudah ramai memainkan Pokemon Go sebelum game tersebut resmi dirilis. Pemain memasang permainan ini menggunakan data APK yang bisa ditemukan di “jalur belakang”.

Kendati demikian, entah mengapa, para pemain bisa mengakses server Pokemon Go meskipun belum masuk Indonesia. Tidak demikian halnya dengan negara-negara lain yang belum resmi kebagian.

Baca: Begini Cara Bermain Pokemon Go

Untuk melihat cara bermain Pokemon Go yang lebih lengkap, kunjungi vik.kompas.com/pokemongo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.