Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Plaza Sepi, Pembeli Laptop Mahal Mendominasi

Kompas.com - 08/08/2016, 16:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Suasana lantai dua e-Mall Ratu Plaza, Kamis (4/8/2016) siang itu tampak lengang. Hanya satu-dua pengunjung tampak berlalu-lalang, sekadar melewati koridor-koridor yang lowong.

Sisi utara lantai tersebut, terletak persis di sebelah kiri begitu pengunjung muncul lewat eskalator, hampir sepenuhnya kosong. Tak ada toko, hanya dinding-dinding putih polos dan lampu yang dibiarkan menyala.

“(Area kosong di lantai dua) Tadinya tempat toko First Computer, tapi sewanya tidak diperpanjang. Belum ada yang menyewa lagi,” ujar seorang pegawai toko di lantai dasar.

Toko tempat sang pegawai bekerja sedang direnovasi sehingga segala isinya “diungsikan” ke area atrium di tengah bangunan mal.

Terletak di daerah perkantoran di ujung selatan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Ratu Plaza merupakan mal tua yang sempat berjaya di era 80-an.

Gedung tempat perbelanjaan ini belakangan diubah menjadi pusat elektronik dan komputer dengan sebutan "e-Mall". Sebagian besar toko komputer, gadget, game dan aksesori terkonsentrasi di lantai 3. Ada juga beberapa toko furniture yang menjual perabot rumah.

Cari komputer mahal

Meski relatif sepi dibandingkan pusat elektronik lain, seperti Roxy Mas atau Mal Ambassador, para pedagang komputer di Ratu Plaza masih bisa bertahan karena pembeli tetap berdatangan.

Ada saja calon konsumen yang masuk menanyakan barang ketika KompasTekno sedang berbincang dengan pemilik toko .

“Kalau di sini, kebanyakan orang cari laptop. Tapi beberapa juga cari komponen komputer,” ujar Aryo, seorang pemilik kios yang menjual komputer jangkrik alias rakitan.

Berbeda dari Harco Mangga Dua, hanya segelintir toko komputer di Ratu Plaza yang mengkhususkan diri pada barang rakitan, di mana konsumen memilih sendiri komponen apa yang akan dipasang di komputernya.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Area kosong di lantai 2 Ratu Plaza

Selain aksesori dan gadget, sebagian toko mengkhususkan diri menjual laptop dan komputer branded, yakni komputer pabrikan yang dijual dalam bentuk jadi dengan merek tertentu.

Sulistyo, pengelola salah satu outlet komputer branded, mengaku bisa menjual ratusan unit komputer tiap bulan. Kebanyakan pembeli berasal dari kantor-kantor di sekitar Ratu Plaza yang membeli dalam jumlah besar. Ada juga pembeli perorangan.

“Kalau pembeli personal, kebanyakan mereka cari komputer high-end dengan kisaran harga di atas Rp 8 juta,” ujar dia.

Konsumen yang mengunjungi Ratu Plaza untuk membangun komputer rakitan juga doyan dengan hardware berharga mahal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com