Ratu Plaza Sepi, Pembeli Laptop Mahal Mendominasi

Kompas.com - 08/08/2016, 16:17 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Suasana lantai dua e-Mall Ratu Plaza, Kamis (4/8/2016) siang itu tampak lengang. Hanya satu-dua pengunjung tampak berlalu-lalang, sekadar melewati koridor-koridor yang lowong.

Sisi utara lantai tersebut, terletak persis di sebelah kiri begitu pengunjung muncul lewat eskalator, hampir sepenuhnya kosong. Tak ada toko, hanya dinding-dinding putih polos dan lampu yang dibiarkan menyala.

“(Area kosong di lantai dua) Tadinya tempat toko First Computer, tapi sewanya tidak diperpanjang. Belum ada yang menyewa lagi,” ujar seorang pegawai toko di lantai dasar.

Toko tempat sang pegawai bekerja sedang direnovasi sehingga segala isinya “diungsikan” ke area atrium di tengah bangunan mal.

Terletak di daerah perkantoran di ujung selatan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Ratu Plaza merupakan mal tua yang sempat berjaya di era 80-an.

Gedung tempat perbelanjaan ini belakangan diubah menjadi pusat elektronik dan komputer dengan sebutan "e-Mall". Sebagian besar toko komputer, gadget, game dan aksesori terkonsentrasi di lantai 3. Ada juga beberapa toko furniture yang menjual perabot rumah.

Cari komputer mahal

Meski relatif sepi dibandingkan pusat elektronik lain, seperti Roxy Mas atau Mal Ambassador, para pedagang komputer di Ratu Plaza masih bisa bertahan karena pembeli tetap berdatangan.

Ada saja calon konsumen yang masuk menanyakan barang ketika KompasTekno sedang berbincang dengan pemilik toko .

“Kalau di sini, kebanyakan orang cari laptop. Tapi beberapa juga cari komponen komputer,” ujar Aryo, seorang pemilik kios yang menjual komputer jangkrik alias rakitan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.