Apple Beli "Startup" Kecerdasan Buatan Rp 2,6 Triliun

Kompas.com - 08/08/2016, 17:29 WIB
Logo Apple di salah satu sisi gedung toko barunya di kota San Francisco, AS Wicaksono Surya Hidayat/ KOMPAS.comLogo Apple di salah satu sisi gedung toko barunya di kota San Francisco, AS
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple kembali membeli startup yang menawarkan teknologi machine learning. Kali ini, Apple membeli sebuah perusahaan rintisan bernama Turi dengan harga 200 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,6 triliun.

Turi merupakan perusahaan asal Seattle yang mengkhususkan diri pada pengembangan teknologi kecerdasan buatan.

Spesialisasi Turi adalah teknologi machine learning, yaitu kecerdasan buatan yang membuat komputer mampu mengenali dan mempelajari suatu pola menggunakan data.

Seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (8/8/2016), Apple akan memakai teknologi milik Turi untuk memudahkan para ahli pemrograman mengukur skala aplikasi machine learning.

Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi setelah akuisisi ini. Pertama, Apple akan merilis teknologi tersebut untuk perusahaan lain di masa yang akan datang.

Kedua, Apple akan memakai teknologi milik Turi untuk dirinya sendiri, kemungkinan untuk Siri, sebuah aplikasi asisten virtual.

Satu hal yang perlu dicatat, selama beberapa waktu belakangan, Apple terlihat rajin membeli startup yang memiliki spesialisasi di bidang kecerdasan buatan. Tindakan tersebut bisa jadi pertanda bahwa perusahaan sedang mengembangkan aplikasi dan layanan yang lebih cerdas ketimbang saat ini.

Namun semua hal tersebut masih berupa kemungkinan karena Apple sendiri tak memberi detail apapun. Sebelum Turi, Apple juga diketahui telah membeli startup machine learning lain, yaitu VocallQ, Emotient serta Perceptio.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X