Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snowden Kicaukan Kode Aneh di Twitter

Kompas.com - 09/08/2016, 06:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Mantan pegawai NSA sekaligus tokoh kontroversial Edward Snowden sempat diduga meninggal pasca melontarkan kicauan misterius melalui akun Twitter personalnya.

Kicauan pria yang membocorkan aksi mata-mata AS tersebut dilayangkan pada 5 Agustus lalu, Bagi orang awam, kicauan itu tak ubahnya deretan huruf dan angka tak beraturan yang tak memiliki makna. Saat ini kicauan itu sudah dihapus.

Twitter Kicauan misterius Edward Snowden

Jika mengamati aktivitas Snowden selama ini di Twitter, ia belum pernah mengicaukan hal demikian. Karena itu, beberapa orang curiga ada hal buruk yang terjadi pada sang whistle blower.

Terlebih lagi, sebuah situs berita bertajuk Sputnik asal Rusia mengatakan bahwa kicauan berbentuk kode tersebut bisa jadi merupakan sebuah peringatan. Mereka menduga Snowden telah menyetel kicauan demikian sebelum dirinya meninggal.

Salah satu pengguna Twitter akhirnya menanyakan keadaan Snowden pada orang yang selama ini diketahui dekat dengan pria tersebut, Glenn Greenwald. Secara singkat Greenwald mengatakan Snowden dalam keadaan baik.


Sebagaimana dilaporkan Gizmodo dan dihimpun KompasTekno, Selasa (9/8/2016), untuk menguatkan pernyataan itu, Barton Gellman juga mengicaukan klarifikasi di Twitter. Pasalnya, dua hari sebelum kicauan 5 Agustus, Snowden sempat mengobrol via Twitter dengan Gellman.

Snowden mengindikasikan bahwa saat ini adalah waktunya. Secara detil, tak diungkap maksud dari "saat ini adalah waktunya" itu. Gellman mengatakan obrolan itu mengandung unsur privasi.

Jika Snowden memang baik-baik saja, apakah maksud kicauan misteriusnya merujuk pada pembocoran dokumen-dokumen rahasia berikutnya? Belum ada yang bisa memastikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com