Kompas.com - 09/08/2016, 09:17 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Amazon membentuk sebuah armada pesawat khusus untuk mengantar berbagai barang pesanan pengguna. Raksasa e-commerce AS itu menamai armada logistik ini sebagai Amazon One dan memamerkan salah satu pesawatnya dalam video timelapse.

Pesawat yang digunakan oleh Amazon adalah Boeing 767-300, dioperasikan oleh Atlas Air, sebuah perusahaan yang selama ini menangani proses pengiriman barang. Total ada 40 unit pesawat yang menjadi armada pengiriman barang ini.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Telegraph, Selasa (9/8/2016), kini telah ada 11 pesawat yang mulai bekerja mengirimkan berbagai paket untuk pengguna. Amazon akan menerbangkan sisa armadanya secara perlahan dalam durasi beberapa tahun ke depan.

Alasan Amazon membuat sebuah armada pesawat terbang adalah makin banyaknya permintaan serta paket yang mesti dikirimkan ke seluruh dunia. Pada 2015 saja diperkirakan bahwa perusahaan e-commerce ini telah menjual paket hingga senilai 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13,1 triliun.

“Setelah memiliki pesawat tersebut, tentu saja akan terbuka berbagai peluang baru. Perhatikan saja dan lihatlah apa yang akan terjadi di masa mendatang,” terang Senior Senior Vice President Amazon, Dave Clark.

Meski sudah membentuk armada pesawat sendiri, Amazon tetap akan menggunakan layanan transportasi dari rekan lamanya, antara lain FedEx dan UPS.

Saksikan video timelapse proses pengecatan pesawat Amazon One di bawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.