Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amazon Bentuk Armada Pesawat Sendiri untuk Antar Pesanan

Kompas.com - 09/08/2016, 09:17 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Amazon membentuk sebuah armada pesawat khusus untuk mengantar berbagai barang pesanan pengguna. Raksasa e-commerce AS itu menamai armada logistik ini sebagai Amazon One dan memamerkan salah satu pesawatnya dalam video timelapse.

Pesawat yang digunakan oleh Amazon adalah Boeing 767-300, dioperasikan oleh Atlas Air, sebuah perusahaan yang selama ini menangani proses pengiriman barang. Total ada 40 unit pesawat yang menjadi armada pengiriman barang ini.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Telegraph, Selasa (9/8/2016), kini telah ada 11 pesawat yang mulai bekerja mengirimkan berbagai paket untuk pengguna. Amazon akan menerbangkan sisa armadanya secara perlahan dalam durasi beberapa tahun ke depan.

Alasan Amazon membuat sebuah armada pesawat terbang adalah makin banyaknya permintaan serta paket yang mesti dikirimkan ke seluruh dunia. Pada 2015 saja diperkirakan bahwa perusahaan e-commerce ini telah menjual paket hingga senilai 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13,1 triliun.

“Setelah memiliki pesawat tersebut, tentu saja akan terbuka berbagai peluang baru. Perhatikan saja dan lihatlah apa yang akan terjadi di masa mendatang,” terang Senior Senior Vice President Amazon, Dave Clark.

Meski sudah membentuk armada pesawat sendiri, Amazon tetap akan menggunakan layanan transportasi dari rekan lamanya, antara lain FedEx dan UPS.

Saksikan video timelapse proses pengecatan pesawat Amazon One di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com