Mulai Hari Ini, Google Maps Tampilkan Tarif Go-Jek dan Grab

Kompas.com - 09/08/2016, 12:04 WIB
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Google mengumumkan kehadiran fitur Ride Sharing di layanan Google Maps di Indonesia. Fitur ini memberikan informasi estimasi tarif layanan transportasi berbasis online, seperti Go-Jek dan Grab.

"Mulai hari ini, fitur Ride Sharing di Google Maps sudah dapat digunakan di Indonesia," kata VP Google Maps Hugh William dalam acara Google for Indonesia di Ritz Carlton Ballroom, Selasa (9/8/2016).

Reza Wahyudi/Kompas.com Google Maps bakal menampilkan estimasi harga layanan transportasi online, seperti Go-Jek dan GrabBike
Estimasi tarif ojek motor, beserta layanan lain, dari Go-Jek dan Grab akan ditampilkan begitu pengguna mencari tujuan atau lokasi tertentu.

Pilihan tarif akan muncul di aplikasi Google Maps dengan memilih moda transportasi umum yang dilambangkan dengan logo mobil taksi (di Android) atau ikon orang yang sedang melambaikan tangan (di iOS), biasanya di ujung kanan layar.

Pengguna juga bisa langsung memesannya dengan memilih salah satu tarif yang ada. Selanjutnya, pemesanan akan diarahkan ke aplikasi layanan yang dipilih. 

Ke depannya, menurut William, fitur ini akan juga tersedia di layanan Google Search. Jadi cukup meng-googling tujuan tertentu, tarif ojek online akan langsung muncul di hasil pencarian.

Fitur ini sudah bisa dicoba di aplikasi Google Maps yang ada di platform Android dan iOS mulai hari ini juga.

Sebelumnya, Google sudah menyematkan fitur serupa, tetapi hanya untuk satu layanan ride sharing saja, yakni Uber.

Di negara lain, layanan serupa juga sudah hadir. Beberapa di antaranya, Taxis di Brasil, Ola Cabs di India, Hailo di Inggris dan Spanyol, mytaxi di Jerman dan Spanyol, dan Gett di Inggris.

Di Indonesia sendiri, Google baru menghadirkan fitur "Transit" untuk Google Maps. Fitur ini dapat memberikan informasi rute, jadwal, dan waktu tiba bus transjakarta secara real-time.

Baca: Mulai Hari Ini, Google Maps Beri Tahu Waktu Kedatangan Bus TransJakarta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.