Komputer "Error", 870 Penerbangan Dibatalkan

Kompas.com - 09/08/2016, 14:09 WIB
Ilustrasi pesawat Delta UbergizmoIlustrasi pesawat Delta
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sistem komputer maskapai AS, Delta, mendadak kacau pada Senin (8/8/2016) kemarin. Mekanisme check-in dan jadwal di layar bandara untuk penerbangan Delta di seluruh dunia mandek begitu saja. Bahkan aplikasi smartphone maskapai yang bersangkutan pun ikut kena imbas.

“Sistem kami down di semua tempat,” kicau akun Twitter Delta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari NBC News, Selasa (9/8/2016).

Akibat error yang terjadi secara global itu, sebanyak 870 penerbangan Delta dibatalkan. Dari 6.000 penerbangan terjadwal, yang bisa beroperasi tak sampai 1.700. Itu pun para staf Delta di bandara terpaksa membagikan boarding pass yang ditulis tangan secara manual.

Puluhan ribu penumpang terdampar di bandara-bandara di seluruh dunia. Meski sistem komputernya sudah mulai pulih, Delta mengingatkan bahwa delay dan pembatalan penerbangan masih akan berlanjut hingga beberapa waktu ke depan.

Apa yang terjadi? Rupanya sistem komputer pusat Delta di Atlanta, AS, tumbang akibat mati listrik.

“Setelah listrik mati, sejumlah elemen kritis dan perangkat jaringan gagal beralih ke sistem backup,” ungkap Delta dalam sebuah posting berisi penjelasan di situs miliknya. Kasus ini sekarang tengah diselidiki kenapa bisa terjadi.

Pihak maskapai memberikan berbagai kompensasi untuk penumpang, seperti pembebasan biaya ganti penerbangan, refund, booking ulang, hingga akomodasi, dan tempat penginapan untuk para penumpang yang terdampar. Belum diketahui kapan masalah teknis ini akan selesai sepenuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber NBC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.