Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacBook Pro Bakal Dilengkapi Pemindai Sidik Jari?

Kompas.com - 09/08/2016, 16:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Berbeda dari iPhone dan iPad yang sudah dilengkapi pemindai sidik jari sejak beberapa tahun lalu, lini laptop Apple selama ini tidak memiliki fitur sekuriti tersebut.

Hal itu diperkirakan bakal berubah seiring dengan kedatangan laptop MacBook Pro generasi berikutnya, menurut kabar terbaru yang dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Selasa (9/8/2016).

Disebutkan bahwa jajaran laptop MacBook Pro akan dibekali dengan fingerprint scanner TouchID. Letaknya menyatu dengan tombol daya untuk menyalakan laptop.

Belum jelas apa fungsi TouchID di laptop MacBook Pro selain untuk mengamankan perangkat dari tangan-tangan jahil.

Ada kemungkinan Apple bakal memanfaatkannya sebagai alat otentikasi saat pengguna melakukan belanja online dengan Apple Pay atau membeli aplikasi di App Store, seperti yang dilakukan oleh pemilik iPhone dan iPad.

Selain pemindai sidik jari, jajaran laptop MacBook Pro turut diduga akan membawa perubahan lain berupa layar OLED touchscreen yang menggantikan baris tombol functions (F) di deretan teratas tombol keyboard.

Pada laptop MacBook yang beredar sekarang, deretan tombol functions memiliki fungsi masing-masing (seperti mengatur volume, playback media, dan kecerahan layar) yang tidak bisa diganti-ganti meskipun jarang terpakai.

Nah, dengan adanya layar OLED touchscreen, pengguna diperkirakan bakal bisa menghilangkan fungsi yang tidak digunakan dan memasang shortcut yang lebih berguna.

Seperti biasa, Apple sendiri diam seribu bahasa soal produk yang bakal diluncurkannya. MacBook Pro model baru diperkirakan akan muncul secara resmi dalam sebuah acara yang digelar September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com