Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MiFi Smartfren Bakal Bisa Dipakai Telepon dan SMS

Kompas.com - 10/08/2016, 10:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Penjualan perangkat modem MiFi Smartfren diklaim mengalami peningkatan drastis di kuartal-II 2016. Tak mau kehilangan momentum, Smartfren pun menyiapkan strategi baru, yakni menambah kemampuan modem Wi-Fi miliknya di akhir tahun nanti.

Saat itu, Smartfren akan meng-upgrade menyatakan bakal melengkapi MiFi dengan fitur voice call dan SMS.

"Tadinya MiFi hanya data only, namun kami melihat masih ada pengguna smartphone yang butuh voice dan SMS. Nah, MiFi user bakal bisa melakukannya," tutur Ari Abdya Putra, Prepaid Department Head Smartfren, di kesempatan jumpa media di Ubud, Bali, Selasa (9/8/2016).

Lebih lanjut, Ari menjelaskan kemampuan telepon dan SMS melalui peranti MiFi bisa dilakukan dengan aplikasi yang memiliki nomor virtual. Dengan nomor di MiFi, maka pengguna bisa melakukan panggilan telepon dengan device apa pun.

"Jadi (device-nya) tidak harus Smartfren," ujarnya.

Saat ditanya apakah ini merupakan strategi Smartfren untuk memigrasi pelanggan CDMA, Ari pun mengiyakan. Pelanggan CDMA yang lebih banyak menggunakan voice dan SMS (feature phone) ke depannya saat beralih ke smartphone tetap bisa telepon dan SMS, selama perangkatnya memiliki fitur Wi-Fi.

Upgrade kemampuan MiFi dengan fitur telepon dan SMS dikatakan Ari akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini, bersamaan dengan rencana migrasi pelanggan CDMA 850 MHz dari band B ke band A.

Penjualan MiFi terus bertumbuh

Menurut Ari, penjualan modem MiFi Smartfren dari berbagai model mengalami pertumbuhan hingga 80 persen dalam periode Juni - Agustus.

Hal itu menurut Ari disebabkan karena strategi paket baru yang diluncurkan Smartfren dan momen hari raya Idul Fitri (Lebaran).

"Jadi timing-nya pas, sejak dari PRJ, Lebaran, orang dapat THR, dan ingin mudik sembari tetap bisa mengakses internet di jalan, kita keluarin paket 30 GB Rp 300.000, cocok paketnya," kata Ari.

Dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, penjualan MiFi Smartfren rata-rata hanya 10 persen saja.

Namun demikian, Ari menolak untuk menjelaskan secara detail berapa jumlah MiFi yang terjual selama periode tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com