Kompas.com - 10/08/2016, 16:10 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple diduga kuat akan merilis iPhone 7 --belakangan disebut iPhone 6SE-- bulan depan. Dalam seri terbarunya ini, Apple diyakini menghadirkan beberapa modifikasi di seri penerus iPhone 6s ini.

Salah satunya, iPhone 7 digosipkan tidak lagi dilengkapi dengan tombol fisik digantikan oleh tombol capacitive.

Tombol Home yang ada di iPhone saat ini merupakan tombol fisik yang biasanya mengeluarkan bunyi klik saat ditekan. Tombol fisik juga sudah menemani iPhone sejak generasi pertama.

Sebagai gantinya, seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Rabu (10/8/2016), tombol capacitive baru tersebut akan memberi respons berupa getaran halus terhadap setiap sentuhan penggunanya. Desain tombol ini dikatakan mirip dengan trackpad pada MacBook terbaru.

Selain itu, Apple juga membuat tombol Home pada iPhone 7 menjadi lebih sensitif terhadap tekanan.

Bocoran lain yang mengemuka menyebutkan bahwa Apple benar-benar akan merilis iPhone 7 tanpa port audio 3,5 mm. Port tersebut rencananya bakal digabung dengan port Lightning yang sudah ada semenjak iPhone 5s. Nantinya, akan ada aksesori konektor khusus untuk port audio tersebut.

Sebagai kompensasi hilangnya port itu, Apple kemungkinan akan membekali iPhone 7 dengan dua buah speaker. Dengan kata lain, kualitas suara yang dihasilkan iPhone akan meningkat.

Seperti dikabarkan sebelumnya, iPhone 7 memiliki "saudara" yang berukuran lebih besar. iPhone 7 versi ini disebut-sebut akan memakai sistem kamera ganda. Satu kamera berfungsi mengabadikan gambar, sedangkan satu lagi menangkap warna dengan cara berbeda.

Meski desas-desus ini makin ramai serta bervariasi, Apple masih belum berkomentar. Raksasa teknologi itu bahkan belum mengumumkan tanggal peluncuran iPhone 7 tersebut.

Kemungkinan kuat, iPhone 7 akan diumumkan pada awal September bersamaan dengan Apple Watch seri terbaru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.