Tips Menghindari Jebakan "Argo Kuda" Sopir Uber

Kompas.com - 10/08/2016, 20:46 WIB
Ilustrasi REUTERSIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penumpang Uber bernama Dolly Surya harus membayar Rp 595.000 untuk perjalanan dari daerah Kasablanka ke Setiabudi, Jakarta. Padahal jarak tempuh kedua titik itu cuma berkisar 4 kilometer. Jika merujuk pada tarif wajar Uber, Dolly semestinya hanya membayar sekitar Rp 18.000.

Ironisnya, kasus Dolly bukanlah yang pertama kali terjadi. Beberapa pengguna mengaku sempat ditagihkan tarif "argo kuda" alias di atas wajar, meski tak sesignifikan Dolly. Ada yang memilih diam, ada juga yang melapor ke Uber namun tak menerima respons sesuai ekspektasi.

"Gue sempat beberapa kali (mengalami kejadian yang sama)," kata Aulia Masna yang merupakan pengamat teknologi sekaligus pengguna Uber, Rabu (10/8/2016), pada KompasTekno.

Belajar dari pengalaman, Aulia punya tips sederhana agar penumpang terhindar dari ketidaknyamanan yang pernah ia alami dan kini dirasakan Dolly.

"Penumpang sebaiknya selalu memastikan driver sudah melakukan "end trip" di ponselnya sebelum turun dari kendaraan," ia menuturkan.

Pasalnya, fitur mengakhiri perjalanan alias end trip hanya tersedia pada aplikasi supir. Penumpang tak bisa menuntaskan perjalanan meski pada kenyataannya telah tiba di tujuan.

Celah ini bisa dimanfaatkan sopir "nakal" yang ingin meraup pendapatan besar. Mereka sengaja tak menekan "end trip" setelah menurunkan penumpang, sehingga sistem Uber mencatat jarak yang lebih jauh dari aslinya dan penumpang harus membayar lebih mahal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika pun tidak berniat usil, supir tak luput dari kelupaan untuk segera menekan "end trip". Intinya, fungsi kontrol "end trip" yang terpusat pada supir bisa merugikan penumpang.

Lebih lanjut, Aulia berharap tim engineer dan designer Uber bisa memikirkan solusi untuk isu ini. Salah satu opsi dari Aulia, Uber dapat menghadirkan pula fitur "end trip" pada aplikasi penumpang agar konfirmasi perjalanan berasal dari dua pihak.

Tanggapan Uber

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.