Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO LeEco Dapat Jabatan Penting di Coolpad

Kompas.com - 11/08/2016, 10:22 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Jia Yueting, Pendiri dan CEO LeEco, masuk ke jajaran petinggi produsen smartphone asal China lainnya, Coolpad. Kini, Yueting juga menjabat sebagai Ketua Dewan Komisaris dan Komite Nominasi Coolpad.

Dua jabatan tersebut diserahkan kepada Yueting setelah LeEco menjadi pemegang saham terbesar Coolpad dengan total saham 28,9 persen.

Karena berita ini, sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers yang diterima, Kamis (11/8/2016), saham milik Coolpad dikatakan meningkat 20 persen dibanding pada 5 Agustus 2016 lalu.

LeEco sendiri sebelumnya telah membeli 17,9 persen saham Coolpad dengan nilai mencapai 353 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,6 triliun.

Total saham itu ditambah lagi sebesar 11 persen pada Juni lalu. LeEco harus merogoh kocek tambahan sebesar 135 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,7 triliun untuk pembelian saham tahap-II ini. Total, saham yang dimiliki LeEco dari Coolpad adalah 28,9 persen.

LeEco berharap, dengan pembelian saham tersebut, kombinasi ilmu dari keduanya dapat membuat perusahaan mampu berbicara banyak di kancah smartphone glbal.

LeEco juga bercita-cita untuk masuk ke posisi top 4 industri China, yang saat ini diisi oleh Huawei, Oppo, dan Xiaomi.

Duet ini ditargetkan akan jadi pemasok ponsel pintar nomor 1 pada 2017 dengan penjualan tahunan sebesar 100 juta ponsel.

Selain besar di Cina, kedua merek ini telah memiliki kekuatan pasar di India, dimana Coolpad sudah dikenal di pangsa pasar ponsel pintar. LeEco disambut baik oleh pasar ponsel pintar dan TV pintar seiring dengan besarnya investasi yang dilakukan di India.

Masih belum diketahui kapan tepanya LeEco mau merambah pasar Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com