Filter Baru Snapchat Dianggap Singgung Asia

Kompas.com - 11/08/2016, 11:56 WIB
Snapchat SnapchatSnapchat
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Snapchat sempat disindir netizen karena mengeluarkan filter penyanyi reggae Bob Marley pada April lalu. Kala itu memang bertepatan dengan hari spesial bagi penikmat musik reggae.

Terlebih lagi, Marley merupakan penyanyi berkulit cokelat. Netizen menganggap pilihan filter Snapchat mengandung unsur rasisme.

Selang beberapa bulan, Snapchat lagi-lagi dicibir netizen karena alasan sama, yakni rasisme. Sensitivitas netizen terusik dengan filter teranyar yang membuat wajah tampak seperti masyarakat Asia.

Jika filter Bob Marley disebut sebagai "digital blackface", maka filter teranyar ini diistilahkan "yellowface", sebagaimana dilaporkan Gizmodo dan dihimpun KompasTekno, Kamis (11/8/2016).

Netizen beramai-ramai mengemukakan ketidaksukaan pada filter Snapchat melalui Twitter. Maggie Roque (@mhroque) menilai sikap rasis Snapchat hanya ditujukan bagi kaum Asia. 

Menanggapi hal ini untuk kedua kalinya, Snapchat berdalih tak pernah berniat rasis. Layanan bernuansa kuning itu mengatakan filter terbarunya terinspirasi dari anime.

"Filter bermaksud untuk seru-seruan dan tak pernah menyinggung pihak lain," kata perwakilan Snapchat. Lebih lanjut, Snapchat mengatakan bakal menarik filter yellowface dari platformnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Gizmodo

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X