Acer Pamer Laptop 2-in-1 “Tanpa Kipas” di Jakarta

Kompas.com - 12/08/2016, 08:09 WIB
Acer Switch Alpha 12 diklaim sebagai perangkat laptop 2-in-1 pertama di dunia yang dilengkapi teknologi pendingin tanpa kipas Oik Yusuf/ KOMPAS.comAcer Switch Alpha 12 diklaim sebagai perangkat laptop 2-in-1 pertama di dunia yang dilengkapi teknologi pendingin tanpa kipas
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Laptop berkinerja tinggi dengan prosesor Intel seri Core i biasanya memerlukan pendingin aktif berupa kipas untuk meredam panas yang ditimbulkan. Tapi tidak demikian halnya dengan Switch Alpha 12 dari Acer.

Switch Alpha 12 adalah laptop jenis “ 2-in-1” (kategori hybrid yang mampu berubah dari laptop menjadi tablet) dengan sistem pendingin tanpa kipas, Liquid Loop. Perangkat ini  diboyong Acer ke Indonesia dan dipamerkan di hadapan sejumlah wartawan dalam sebuah sesi hands-on di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

“Acer Switch Alpha 12 merupakan produk laptop 2-in-1 pertama di dunia yang menggunakan prosesor Core i tapi fanless,” ujar Presales Manager Product Department Acer Indonesia, Dimas Setyo, saat memberikan penjelasan mengenai laptop tersebut.

Biasanya, kata dia, produk 2-in-1 fanless hanya dimotori prosesor dengan kinerja yang rendah karena terbatasi oleh permasalahan panas. Kalaupun ada yang menggunakan seri prosesor Core, umumnya hanya dari jenis Core M yang secara performa masih berada di bawah seri Core i.

Disinilah letak keunikan Acer Switch Alpha 12 yang memadukan kinerja tinggi laptop dengan sistem pendingin fanless. Karena tak memiliki kipas atapun lubang ventilasi, bentuk Switch Alpha 12 terlihat persis tablet dengan ukuran layar 12 inci.

Layar touchscreen tersebut memiliki resolusi tinggi sebesar 2.160 x 1.440 untuk menampilkan aneka elemen visual dari sistem operasi Windows 10 yang dijalankan oleh laptop 2-in-1 ini.

Dengan keyboard, kickstand, dan stylus

Acer memasarkan Switch Alpha 12 dalam paket berisi aksesori keyboard dan stylus yang bisa digunakan untuk menulis dan menggambar di layar.

Unit keyboard menyediakan tombol-tombol full-size seperti pada laptop konvensional dan dilengkapi dengan backlight untuk membantu pengguna dalam mengetik di keadaan kurang cahaya.

Keyboard ini tersambung ke Switch Alpha 12 dengan magnet dan bisa dilepas-pasang dengan mudah. Caranya cukup dengan menarik dan menempelkan keyboard di sisi bawah laptop, seperti layaknya aksesori cover pada tablet.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Acer Switch Alpha 12 dilengkapi kickstand untuk menopangnya di atas meja saat difungsikan sebagai laptop

Pengguna bisa melepas keyboard saat ingin menggunakan perangkat tersebut sebagai tablet. Ketika berperan sebagai laptop, sebuah kickstand di bagian belakang akan menopang layar sehingga bisa berdiri di atas meja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X