Coba 8 Game Indie Gratis di PopCon Asia 2016

Kompas.com - 13/08/2016, 13:08 WIB
Kondisi booth Indiesche Partij dari Bekraf, yang diisi oleh 8 developer game lokal, di acara PopCon Asia 2016, Jakarta, Jumat (12/8/2016) Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comKondisi booth Indiesche Partij dari Bekraf, yang diisi oleh 8 developer game lokal, di acara PopCon Asia 2016, Jakarta, Jumat (12/8/2016)
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak permainan (game) hasil karya developer game lokal Indonesia yang dipamerkan di ajang PopCon Asia 2016. Di antaranya, ada 8 judul game yang dipajang dan bebas dimainkan oleh pengunjung.

Letaknya di sebuah booth milik Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), di antara pintu masuk dan jalur menuju pintu keluar aula utama acara. Di booth tersebut berjajar komputer untuk memainkan game hingga konsol yang bisa dipakai untuk bermain.

Permainan yang ditampilkan merupakan karya developer game independent asal Indonesia. Ada judul yang sudah banyak dikenal orang, ada yang gratis, ada yang merupakan permainan berbayar, dan ada juga yang belum dirilis ke pasar.

Lengkapnya, permainan yang bisa dijajal itu adalah Infectonator: Survivors buatan Toge Productions, Tahu Bulat buatan Own Games, Rage in Peace buatan Pabrik Amatir, Bomb Raider buatan TahoeGames, Ascender buatan GameChanger, She and The Light Bearer hasil kolaborasi Toge Productions dengan Mojiken Studio, Orbiz buatan Anoman Studio, serta Number Rumble buatan Game5Mobile.

“Di booth sini ditampilkan 8 developer game dan karyanya. Semuanya merupakan hasil seleksi oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)," terang CEO Toge Production, Kris Antoni Hadiputra saat berbincang dengan KompasTekno di sela PopCon Asia 2016, di Jakarta, Jumat (12/8/2016).

"Isinya adalah delevoper yang belum mendapatkan investor (indie), kalau booth game beramai-ramai begini kan jadi lebih terlihat ketimbang developer game hanya hadir sendiran, dengan booth kecil ” imbuh Kris.

Kris berharap dengan adanya dukungan pemerintah, dalam hal ini melalui Bekraf, karya developer game lokal bisa lebih dikenal. Apalagi kualitas yang ditawarkan tak kalah menarik dibanding karya developer game luar negeri.

Studio developer game yang dipimpin Kris sendiri telah menghasilkan banyak karya, total terdiri dari 30 judul. Namun satu yang paling menonjol dan dipublikasi melalui jaringan Steam, adalah Infectonator: Survivors.

Game tersebut merupakan permainan berbayar yang dibanderol 10 dollar AS di Amerika Serikat dan Rp 100.000 di Indonesia, harganya bervariasi berdasarkan wilayah. Menurut Kris, permainan ini sudah diunduh lebih dari 20.000 kali.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X