"Startup" Pinisi Edubox dari Indonesia Diboyong ke Denmark

Kompas.com - 14/08/2016, 19:00 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Suasana CBC Indonesia saat Dubes Denmark Casper Clynge memberikan sambutan pembukaan kompetisi, di Jakarta Convention Center, Jumat (12/8/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Di sela-sela PopCon Asia 2016, digelar kompetisi Creative Business Cup (CBC) Indonesia. Ini merupakan ajang kompetisi yang bakal membawa startup Indonesia naik ke kompetisi serupa di tingkat dunia.

CBC Indonesia merupakan tahap awal dari ajang CBC Internasional yang lebih besar. Selain Indonesia, ada juga sejumlah negara lain yang menyelenggarakannya, yakni Polandia, Ukraina, Austria, Portugal, Denmark, Korea Selatan, Norwegia, dan China.

Satu startup pemenang dari masing-masing negara, akan diboyong untuk bertanding di CBC Internasional di Denmark pada November 2016 mendatang.

CBC Indonesia sendiri diselenggarakan atas kerja sama antara Kibar, Ciputra Group, Kreavi, Gaharu, Scan Shipping Indonesia, dan Global Entrepreneurship Network Indonesia.

“Dari kompetisi yang diadakan di sini, nanti pemenangnya akan dibawa ke Denmark. Di sana mereka akan bertanding dengan startup dari negara lain untuk memenangkan kompetisi CBC Internasional,” terang Country Manager Scan Shiping Indonesia, Lilis Megantini saat membuka CBC di salah satu rangkaian acara PopCon Asia 2016, Jumat (12/8/2016) malam.

Ada 10 startup Indonesia yang unjuk gigi mempresentasikan konsep bisnis serta solusi mereka di hadapan para juri, yaitu Kostoom, Pinisi Edubox, Kentongan, FitPartner, Barber Ranger, ERZ4P, Taponkatul, Gambar Gerak Video, Tukeran, dan Loketics.com.

Namun hanya satu saja yang dipilih sebagai pemenang. Dan setelah sesi pitching dan penjurian, yang dilakukan saat itu juga, startup Pinisi Edubox-lah yang dipilih sebagai pemenang.

Pinisi Edubox sendiri merupakan usaha rintisan digital yang bergerak dalam penyediaan hardware serta software khusus untuk mewujudkan konsep smart classroom dan ujian berbasis online.

Selanjutnya, Pinisi Edubox akan mengikuti CBC internasional yang diadakan di Kopenhagen, Denmark, pada November 2016 mendatang.

“Kompetisi seperti CBC ini membantu pegiat kreatif supaya jadi lebih berkembang. Dari sekadar kreatifitas, bisa berubah jadi bisnis yang sustain,” pungkas CEO 8villages, Sanny Gadafi, yang berperan sebagai juri.

Untuk diketahui, pemenang dari kompetisi global di Denmark akan memenangkan hadiah sebesar 15.000 Euro, serta Stylus full-membership selama satu tahun senilai 20.000 Euro ( Rp 290 juta) dan Microsoft Bizspark Plus senilai 110.000 Euro (Rp 1,6 miliar)

Beberapa startup yang pernah menjuarai CBC internasional adalah Teddy the Guardian dari Kroasia, permainan interaktif Profesor Why dari Polandia, dan Blitab dari Austria.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReska K. Nistanto

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X