Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bikin Sistem Operasi Baru Bernama "Fuchsia"?

Kompas.com - 15/08/2016, 11:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Setelah Android, Chrome OS, dan Chromecast, Google bakal meluncurkan satu lagi sistem operasi bertajuk "Fuchsia". Kabar ini pertama kali terendus dari situs GitHub.

GitHub sendiri merupakan layanan penyimpanan proyek software bersama berbasis Git. Di situs itu, muncul sebuah proyek baru yang dideskripsikan sebagai "Pink + Purple = Fuchsia (a new Operating System)".

Di bawah deskripsinya, tercantum alamat situs Google Source. Lantas, perangkat apa yang bakal berjalan dengan Fuchsia?

Dihimpun KompasTekno, Senin (15/8/2016) dari SlashGear, Fuchsia digadang-gadang bakal menjadi sistem operasi untuk mendukung Internet of Things alias IoT.

Pasalnya, Fuchsia tak berbasis Linux layaknya sistem operasi Google yang sudah-sudah. Mediator software-hardware pada Fuchsia menggunakan kernel Magenta teranyar yang dirancang untuk IoT.

Hingga kini Google masih enggan berkomentar soal kehadiran Fuchsia dan fungsinya. Jika benar untuk implementasi IoT, sistem operasi itu sudah punya dua pesaing kuat yakni FreeRTOS dan ThreadX.

Sembari menunggu kepastian Fuchsia, Anda bisa mengecek detail sistem operasi tersebut di laman GitHub atau Google Git. Menurut sebuah forum online, tampaknya Fuchsia bakal segera mendukung Raspberry Pi 3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com