Kompas.com - 15/08/2016, 15:51 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Samsung memamerkan sebuah komputer yang mampu mengenali gestur atau isyarat tangan manusia. Komputer tersebut memakai cip TrueNorth buatan IBM.

Apa keistimewaan cip tersebut? TrueNorth ternyata bukan "otak" pemrosesan biasa. Desain cip ini sengaja dibuat dengan meniru pemrosesan informasi pada otak manusia.

Sekadar diketahui, otak manusia memiliki kemampuan untuk memproses informasi secara kritis dan hemat tenaga. Sementara itu, otak mesin punya kemampuan memproses banyak data, tetapi tidak punya kinerja kognitif yang sama.

Berawal dari perbandingan otak manusia dan mesin, banyak peneliti berusaha mewujudkan neuromorphic computing atau cip yang memiliki struktur mirip dengan otak manusia. Salah satu contoh cip tersebut adalah TrueNorth buatan IBM.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (15/8/2016), TrueNorth punya 4.096 inti komputasi yang mendukung jutaan sel otak digital dan 256 juta sambungan. Informasi yang sedang diproses akan bergerak melalui sambungan-sambungan itu, mirip dengan yang terjadi pada otak manusia.

Selanjutnya, Samsung mencoba memakai cip tersebut dan menunjukkan betapa TrueNorth membuat sebuah komputer mengenali gestur atau gerakan isyarat tangan. Sementara itu, daya yang dikonsumsi tetap rendah.

Samsung memasang TrueNorth pada sebuah Dynamic Vision Sensor. Hasilnya, dia bisa memakai cip tersebut untuk mengenali gambar dengan kecepatan 2.000 frame per detik. Kecepatan yang dinilai sudah sangat baik untuk menciptakan peta 3D, mengendalikan mobil otonom, dan mengendalikan komputer memakai gestur.

Anda bisa melihat video demo IBM TrueNorth itu di bawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.