Kompas.com - 17/08/2016, 06:24 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Rabu 17 Agustus 2016 menandai ulang tahun Republik Indonesia yang ke-71. Hari kemerdekaan RI ini turut dirayakan oleh situs pencari Google dengan menayangkan sebuah doodle khusus di laman utama Google.co.id.

Doodle yang menampilkan tiga orang anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) itu muncul di sela-sela rangkaian doodle “Fruit Games” yang ditayangkan sejak awal Olimpiade 2016.

“17 Agustus menandai ulang tahun deklarasi kemerdekaan Indonesia dari Belanda di tahun 1945,” sebut Google dalam laman keterangan mengenai doodle yang bersangkutan.

“Peristiwa penting ini diperingati di seluruh negeri dengan pengibaran bendera nasional, ‘Sang Saka Merah Putih’, dan pelantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya,” lanjut Google.

Dijelaskan pula bahwa perayaan hari kemerdekaan di Indonesia lazim diwarnai oleh berbagai macam permainan tradisional seperti panjat pinang.

Saat di-klik, doodle akan menampilkan laman hasil pencarian dengan kata kunci “Hari Kemerdekaan Indonesia”.

Sejak beberapa tahun terakhir, laman Google.co.id rutin menampilkan doodle bertema kemerdekaan Indonesia saban tanggal 17 Agustus.

Tahun lalu, Google menampilkan tugu proklamasi dalam doodle 17 Agustus. Pada 2014, sebuah ilustrasi karya desainer lokal Indonesia yang dipajang. Lalu, tahun 2013 dan 2012 masing-masing menampilkan gambar burung Garuda dan lomba balap karung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.