Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kamera 360 Derajat yang Siarkan Upacara HUT Ke-71 RI

Kompas.com - 17/08/2016, 13:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu 17 Agustus 2016, untuk pertama kalinya upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia disiarkan lewat live streaming dengan teknologi video 360 derajat di kanal YouTube.

Teknologi video live streaming dengan pandangan ke segala arah yang bisa disaksikan lewat browser, ponsel, atau headset virtual reality (VR) itu pertama kali diluncurkan oleh YouTube pada bulan April lalu.

Head of Communications Google Indonesia Putri Silalahi mengatakan pihaknya bekerja sama dengan komunitas video Layaria mewujudkan tayangan live di dua lokasi, yakni Istana Negera dan Monumen Nasional.

Baca: Upacara 17 Agustus di Istana Bisa Ditonton 360 Derajat di YouTube

“Partnernya dengan Layaria, yang ditayangkan di channel YouTube (Presiden) Jokowi,” ujar Putri ketika dihubungi KompasTekno, Rabu (17/8/2016). Kanal YouTube milik Presiden RI, Joko Widodo dipakai untuk menayangkan streaming video 360 derajat dari dua lokasi yang dimaksud.

Di Istana Negara, streaming video YouTube ini ditangani oleh videografer Yudhie Fardhani dari Layaria.

“Kami pakai kamera 360 derajat, lalu kami encode dan kami stream ke kanal YouTube Pak Jokowi,” kata Yudhie yang juga merupakan salah satu pendiri dari agensi video DC Imaji.

Pakai Ricoh Theta

Kepada KompasTekno, Yudhie menerangkan pihaknya memakai alat yang relatif sederhana, yakni kamera Theta dari Ricoh, dalam mengerjakan live streaming video 360 derajat untuk rangkaian upacara HUT RI ke-71 di Monas dan Istana Negara.

Sebanyak tiga unit Ricoh Theta diposisikan di tiga titik berbeda. Dua lokasi berada di Istana Negara untuk menayangkan prosesi upacara bendera dan kirab, serta satu lokasi lainnya di Monumen Nasional untuk menayangkan kirab yang berlangsung di sana.

Ricoh Theta merupakan satu dari beberapa model kamera 360 derajat yang beredar di pasaran saat ini. Bentuknya mirip remote televisi, dengan sepasang lensa bulat yang menonjol di sisi depan dan belakang tubuhnya.

Sepasang kamera itulah yang menangkap pandangan ke segala arah dalam live streaming video 360 derajat. Foto atau video yang direkam lalu bisa disaksikan lewat headset VR seperti Google Cardboard atau dengan menggerakkan kursor di peramban desktop dan mobile.

Baca: Begini Cara Tonton Upacara 17 Agustus di Istana secara 360 Derajat

Ketika fitur live stream 360 derajat YouTube diluncurkan April lalu, Ricoh Theta adalah salah satu model kamera pertama yang mendukung fitur tersebut.

Live streaming “360” YouTube sendiri bisa digunakan dengan berbagai model kamera 360 derajat, mulai dari model konsumen seperti Ricoh Theta yang dibanderol di kisaran 350 dollar AS hingga kamera high-end seperti Orah 4i yang seharga ribuan dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com