Kompas.com - 18/08/2016, 08:56 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kembalinya Nokia ke industri ponsel agaknya tak lama lagi bakal terwujud. Laporan terbaru menyebutkan bahwa ponsel Android Nokia bakal meluncur pada akhir tahun ini.

Kabar tersebut mengemuka dari Negeri Tirai Bambu. Dalam sebuah wawancara dengan koran The Paper, Presiden Nokia Networks China Mike Wang memastikan bahwa perangkat Android bikinan vendor Finlandia itu bakal diumumkan pada kuartal-IV 2016.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Kamis (18/8/2016), disebutkan bahwa akan ada tiga atau empat perangkat dari jenis smartphone dan tablet. Peluncurannya sendiri bisa molor hingga awal 2017, tergantung pada waktu yang diperlukan untuk proses pengembangan produk.  

Nokia kini tak seperti Nokia dulu. Divisi ponselnya dulu telah dilego ke Microsoft pada 2014.

Proses perancangan untuk ponsel Android baru Nokia  ditangani oleh HMD Global, perusahaan yang memegang lisensi untuk brand “Nokia”. HMD Global didirkan oleh para mantan karyawan Nokia dan Microsoft.

Sementara, produksinya dilakukan oleh FIH Mobile, anak perusahaan Foxconn di China yang menjalin kemitraan dengan HMD Global.

Ponsel Android baru Nokia kabarnya bakal terdiri dari dua varian yang dibedakan dari ukuran layar, yakni versi 5,5 inci dan 5,2 inci. Keduanya diperkirakan bakal memiliki prosesor Snapdragon 820, kamera 22 megapiksel, serta bodi berbahan logam yang anti air dan debu..

Belum ada informasi mengenai tablet Android yang kabarnya juga bakal ikut dirilis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.