Kompas.com - 18/08/2016, 12:01 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Kecuali produk yang didesain untuk dipakai dengan ponsel, headset virtual reality (VR) di pasaran saat ini memerlukan kabel yang tersambung ke komputer untuk menyalurkan data.

Tapi tidak demikian halnya dengan Project Alloy, headset VR bikinan Intel yang sepenuhnya wireless alias tanpa kabel.

Perangkat tersebut dipamerkan di panggung Intel Developer Conference yang berlangsung di San Francisco, AS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Kamis (18/8/2016).

Project Alloy memiliki komputer dan sensor yang sudah menyatu di dalam unit headset. Sebab itulah ia tak perlu tersambung ke komputer seperti Oculus Rift atau HTC Vive.

Intel menggunakan sepasang kamera RealSense yang terpasang di Project Alloy untuk memetakan lingkungan di sekitar, termasuk tangan pengguna. Konsep ini disebut Intel sebagai “Merged Reality”, setipe dengan konsep mixed reality yang diusung oleh Microsoft melalui headset HoloLens.

Hardware Project Alloy akan dibuka sebagai teknologi Open Source pada paruh kedua 2017. Intel juga bekerja sama dengan Microsoft untuk menjalankan Windows Holographics (software untuk HoloLens) di headset Project Alloy.

Belum jelas kapan headset VR wireless besutan Intel ini akan mulai tersedia atau dibikin oleh pihak lain dengan basis hardware open source.

Sebagai headset dengan komputer terintegrasi, kemampuan komputasi dan oleh grafis Project Alloy tak akan setinggi produk lain yang tersambung ke komputer. Namun perangkat ini masih bisa menjadi kompetitor headset VR berbasis smartphone seperti Project Daydream dari Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.