Yang Baru di Windows 10 Setelah Setahun Dirilis

Kompas.com - 19/08/2016, 17:19 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem operasi Microsoft Windows 10 genap berusia satu tahun pada 29 Juli 2016. Untuk merayakannya, Microsoft meluncurkan versi upgrade sistem operasi tersebut pada 2 Agustus lalu.

"Ada lebih dari 200 pembaruan pada versi upgrade. Intinya semua fitur jadi lebih pintar," kata Consumer Channels Group Director Microsoft Indonesia, Linda Dwiyanti, Jumat (19/8/2016), dalam acara "Windows 10 Anniversary" di Jakarta.

Beberapa yang digarisbawahi adalah update pada fitur Windows Hello, peramban Edge, serta pembaruan sistem keamanan berbasis layar pintar alias smartscreen. Ada juga fitur khusus untuk pekerja kreatif, yakni Windows Ink Workspace.

Linda mengklaim upgrade besar-besaran ini bakal membantu meningkatkan produktivitas bekerja dan berkarya. Berikut pejabaran selengkapnya.

Pertama, Windows Hello kini tersinkronisasi dengan beragam aplikasi di Windows 10.

Sebelumnya, Windows Hello hanya memungkinkan pengguna membuka laptop tanpa ribet dengan password. Pengguna bisa memanfaatkan fitur pengenal wajah (face recognation) atau pemindai sidik jari (figerprint scanner). Tentu saja perlu dipastikan bahwa perangkat yang digunakan sudah mendukung dua fitur itu.

Nah, pada versi upgrade, Windows Hello juga bisa digunakan untuk sign in ke aplikasi-aplikasi lain seperti layanan penyimpanan cloud One Drive dan Dropbox. Hal ini untuk menjamin keamanan akses pengguna tanpa harus menghafal password.

Kedua, Edge bisa menyimpan artikel atau situs penting tanpa menaruhnya di Bookmark atau Favorite.

Selama ini, artikel-artikel penting yang kita temukan di internet via peramban biasanya disimpan di Bookmark atau ditandai Favorite. Microsoft menganggap hal itu masih kurang efektif.

Selain itu, daftar Bookmark yang terlalu banyak kerap membikin pusing pengguna. Windows 10 versi upgrade memberikan solusi dengan menghadirkan fitur penempelan tab.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.