Mobil Tanpa Sopir Uber "Narik" Mulai Akhir Bulan Ini

Kompas.com - 20/08/2016, 17:17 WIB
Mobil tanpa sopir XC90 besutan Volvo dan Uber UberMobil tanpa sopir XC90 besutan Volvo dan Uber
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com -  Uber sudah tak sabar ingin melepas XC90, mobil tanpa sopir yang dibesut bersama Volvo, ke jalanan. Rencananya, mobil tersebut sudah "narik" penumpang mulai akhir bulan ini juga di Pittsburgh, AS.

Pelanggan Uber di kota itu bakal bisa memanggil mobil tanpa sopir lewat aplikasi ponsel Uber seperti biasa. Hanya saja, untuk sementara waktu, sang mobil tanpa sopir masih akan diawasi oleh sopir sungguhan yang duduk di balik kemudi.

Volvo, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Bloomberg, Sabtu (20/8/2016), dijadwalkan mengirim 100 mobil tanpa sopir tersebut hingga akhir tahun 2016. Sekarang baru beberapa unit saja yang siap panggil.

Mobil tanpa sopir bakal terus dikembangkan Uber dan Volvo hingga diharapkan tercipta mobil yang benar-benar mampu beroperasi tanpa campur tangan manusia sama sekali pada 2021 mendatang.

Perjanjian Uber dan Volvo tidak bersifat eksklusif. Uber tetap bisa menggandeng pabrikan otomotif lain untuk mengembangkan teknologi serupa.

Misalnya, pada Juli lalu, Uber mengakuisisi Otto, startup berisi 91 pegawai yang berfokus mengembangkan teknologi truk tanpa sopir.

Dalam hal teknologi mobil tanpa sopir, Uber mengambil pendekatan yang berbeda dari perusahaan lain seperti Google dan Tesla. Seperti layanan transportasinya yang tak memiliki armada, Uber tidak berniat memproduksi mobilnya sendiri, tapi menyerahkan peranan itu ke pabrikan otomotif rekanan.

Kembali ke Pittsburgh, sebagai bagian dari uji coba, pelanggan bakal bisa memanggil dan memakai mobil tanpa sopir secara cuma-cuma, bebas dari tarif standar sebesar 1,05 dollar AS (sekitar Rp 14.000) per mil (1,6 km).

Nantinya, ongkos bepergian dengan mobil tanpa sopir diprediksi bakal turun hingga menjadi lebih murah dibandingkan memakai mobil pribadi.

“Ini mungkin bisa dilihat sebagai ancaman,” ujar Hakan Samuelsson, sang CEO Volvo. “Tapi kami melihatnya sebagai peluang.”

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Bloomberg
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X