Kompas.com - 21/08/2016, 10:53 WIB
Logo WhatsApp. Logo WhatsApp.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Di sistem operasi iOS 10 yang akan datang, Apple untuk pertama kalinya bakal membuka akses ke application programming interface (API) Siri untuk aplikasi pihak ketiga.

Kemampuan digital assistant yang dikendalikan lewat perintah suara ini pun nantinya bakal berkembang sehingga bisa memanggil layanan ride sharing atau menangani mobile payment, sepanjang didukung oleh aplikasi pihak ketiga yang bersangkutan.

Aneka kemampuan baru tersebut disinyalir termasuk juga membalas pesan dan membuat panggilan voice call lewat WhatsApp, serta membacakan pesan masuk secara lisan.

Hal ini diketahui lewat penelusuran permissions yang diminta aplikasi WhatsApp terbaru untuk platform iOS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (21/8/2016).

Phone Radar Permission yang mengindikasikan integrasi Siri dengan WhatsApp, sebagaimana terdapat dalam WhatsApp versi terbaru di iOS

Kemampuan serupa sebelumnya telah diterapkan di WeChat, aplikasi instant mesaging yang populer di China.

Selama ini, integrasi voice command Siri diketahui terbatas hanya untuk aplikasi-aplikasi buatan Apple sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum ada informasi apakah integrasi digital assistant juga akan tersedia untuk WhatsApp di platform Android,  mengingat Siri merupakan fitur eksklusif Apple.

Selain WhatsApp, aplikasi pihak ketiga buatan Uber dan Netflix dikabarkan juga bakal menerapkan integrasi dengan Siri di iOS 10.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.