Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siri Bakal Bisa Balas Pesan WhatsApp?

Kompas.com - 21/08/2016, 10:53 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Di sistem operasi iOS 10 yang akan datang, Apple untuk pertama kalinya bakal membuka akses ke application programming interface (API) Siri untuk aplikasi pihak ketiga.

Kemampuan digital assistant yang dikendalikan lewat perintah suara ini pun nantinya bakal berkembang sehingga bisa memanggil layanan ride sharing atau menangani mobile payment, sepanjang didukung oleh aplikasi pihak ketiga yang bersangkutan.

Aneka kemampuan baru tersebut disinyalir termasuk juga membalas pesan dan membuat panggilan voice call lewat WhatsApp, serta membacakan pesan masuk secara lisan.

Hal ini diketahui lewat penelusuran permissions yang diminta aplikasi WhatsApp terbaru untuk platform iOS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (21/8/2016).

Phone Radar Permission yang mengindikasikan integrasi Siri dengan WhatsApp, sebagaimana terdapat dalam WhatsApp versi terbaru di iOS

Kemampuan serupa sebelumnya telah diterapkan di WeChat, aplikasi instant mesaging yang populer di China.

Selama ini, integrasi voice command Siri diketahui terbatas hanya untuk aplikasi-aplikasi buatan Apple sendiri.

Belum ada informasi apakah integrasi digital assistant juga akan tersedia untuk WhatsApp di platform Android,  mengingat Siri merupakan fitur eksklusif Apple.

Selain WhatsApp, aplikasi pihak ketiga buatan Uber dan Netflix dikabarkan juga bakal menerapkan integrasi dengan Siri di iOS 10.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com