Kompas.com - 22/08/2016, 09:45 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Uji banting alias drop test teranyar dilakukan untuk membandingkan ketahanan fisik Samsung Galaxy Note 7 dan Apple iPhone 6s. Sebelumnya, tes serupa dilakukan pada Galaxy S7 dan iPhone 6s.

Kala itu iPhone 6s menang telak. Galaxy S7 terbukti lebih mudah hancur setelah dijatuhkan dari ketinggian 1 meter. Lantas, apakah Galaxy Note 7 akan bernasib sama?

Sebagai informasi, Galaxy Note 7 sudah dilapisi pelindung Gorilla Glass 5 teranyar. Kaca pelindung tersebut seharusnya bisa menunjang ketahanan yang lebih baik dibandingkan Galaxy S7.

Pasalnya, Gorilla Glass 5 disebut-sebut bisa melindungi tubuh ponsel dari bantingan maksimal 1,6 meter. Untuk drop test kali ini, dua flagship dijatuhkan berkali-kali dari ketinggian 1 meter saja.

Sebagaimana tertera pada video PhoneBuff yang diambil KompasTekno dari PhoneArena, Senin (22/8/2016), tes pertama menguji ketahanan bodi punggung ponsel atau back drop. Hasilnya, kedua ponsel masih berfungsi.

iPhone 6s menghasilkan beberapa goresan minor. Sementara itu, Galaxy Note 7 menunjukkan goresan yang lebih jelas, walaupun masih lebih baik dibandingkan hasil pengetesan serupa pada Galaxy S7.

Baca: Ketika Galaxy Note 7 Disiksa

Tes kedua adalah pengujian ketahanan sisi bawah ponsel alias bottom drop. Lagi-lagi Galaxy Note 7 menunjukkan kondisi yang lebih parah ketimbang iPhone 6s meski masih berfungsi seperti sedia kala.

Selanjutnya, pengujian sisian ponsel alias side drop. Kedua flagship tak menunjukkan bekas goresan berarti pada pengetesan ini.

Beranjak ke tes keempat, yakni pengujian bantingan dari sisi depan atau face drop. Galaxy Note 7 menunjukkan goresan di sisi kiri dan kanan, tetapi tengah layar masih lebih baik dibandingkan iPhone 6s. Hal ini mengindikasikan layar Galaxy Note 7 yang lebih kokoh.

Terakhir, face drop dilakukan berkali-kali hingga ponsel tak berfungsi. Pada iPhone 6s, hanya dibutuhkan pembantingan lima kali hingga layar ponsel benar-benar rusak.

Sementara itu, ketahanan yang mengesankan ditunjukkan Galaxy Note 7. Ponsel itu dibanting 50 kali dan masih berfungsi meski banyak lecet. Hal ini mengonfirmasi ketangguhan lapisan Gorilla Glass 5. Kali ini Samsung menang dari Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.