Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibanting, Lebih Kuat Galaxy Note 7 atau iPhone 6s?

Kompas.com - 22/08/2016, 09:45 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com — Uji banting alias drop test teranyar dilakukan untuk membandingkan ketahanan fisik Samsung Galaxy Note 7 dan Apple iPhone 6s. Sebelumnya, tes serupa dilakukan pada Galaxy S7 dan iPhone 6s.

Kala itu iPhone 6s menang telak. Galaxy S7 terbukti lebih mudah hancur setelah dijatuhkan dari ketinggian 1 meter. Lantas, apakah Galaxy Note 7 akan bernasib sama?

Sebagai informasi, Galaxy Note 7 sudah dilapisi pelindung Gorilla Glass 5 teranyar. Kaca pelindung tersebut seharusnya bisa menunjang ketahanan yang lebih baik dibandingkan Galaxy S7.

Pasalnya, Gorilla Glass 5 disebut-sebut bisa melindungi tubuh ponsel dari bantingan maksimal 1,6 meter. Untuk drop test kali ini, dua flagship dijatuhkan berkali-kali dari ketinggian 1 meter saja.

Sebagaimana tertera pada video PhoneBuff yang diambil KompasTekno dari PhoneArena, Senin (22/8/2016), tes pertama menguji ketahanan bodi punggung ponsel atau back drop. Hasilnya, kedua ponsel masih berfungsi.

iPhone 6s menghasilkan beberapa goresan minor. Sementara itu, Galaxy Note 7 menunjukkan goresan yang lebih jelas, walaupun masih lebih baik dibandingkan hasil pengetesan serupa pada Galaxy S7.

Baca: Ketika Galaxy Note 7 Disiksa

Tes kedua adalah pengujian ketahanan sisi bawah ponsel alias bottom drop. Lagi-lagi Galaxy Note 7 menunjukkan kondisi yang lebih parah ketimbang iPhone 6s meski masih berfungsi seperti sedia kala.

Selanjutnya, pengujian sisian ponsel alias side drop. Kedua flagship tak menunjukkan bekas goresan berarti pada pengetesan ini.

Beranjak ke tes keempat, yakni pengujian bantingan dari sisi depan atau face drop. Galaxy Note 7 menunjukkan goresan di sisi kiri dan kanan, tetapi tengah layar masih lebih baik dibandingkan iPhone 6s. Hal ini mengindikasikan layar Galaxy Note 7 yang lebih kokoh.

Terakhir, face drop dilakukan berkali-kali hingga ponsel tak berfungsi. Pada iPhone 6s, hanya dibutuhkan pembantingan lima kali hingga layar ponsel benar-benar rusak.

Sementara itu, ketahanan yang mengesankan ditunjukkan Galaxy Note 7. Ponsel itu dibanting 50 kali dan masih berfungsi meski banyak lecet. Hal ini mengonfirmasi ketangguhan lapisan Gorilla Glass 5. Kali ini Samsung menang dari Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com