Kompas.com - 22/08/2016, 11:28 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pertengahan tahun ini, ponsel Android G5 SE melenggang di pasaran Indonesia sebagai tawaran teratas dari vendor Korea, LG, menggantikan andalan sebelumnya, G4.

LG G5 SE sebenarnya tidak menduduki posisi puncak di hierarki produk LG. Predikat itu masih dipegang oleh G5 edisi “reguler” yang merupakan lawan setanding dari flagship lain, seperti Galaxy S7 dan HTC 10.

Bagaimana dengan G5 SE? Ia diposisikan setingkat di bawah G5 dengan spesifikasi hardware yang sedikit lebih rendah.

Meski demikian, LG tetap mempertahankan sebagian besar fitur G5 dalam G5 SE, termasuk desain semi-modular dengan bagian tubuh yang bisa diganti, juga unit kamera ganda di bagian punggungnya.

Seperti apa jagoan baru LG di pasaran Indonesia ini? Simak ulasan KompasTekno berikut.

Desain

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi depan LG G5 SE
Berbeda dari ponsel lain seperti seri Galaxy S dari Samsung, LG G5 SE memiliki desain fisik yang cenderung sederhana, tanpa banyak kilauan tapi tetap terlihat elegan.

Sisi depannya berlapis kaca anti gores Gorilla Glass 4, kecuali bagian "dagu" yang bisa dibongkar-pasang. Sebuah kamera dengan sensor resolusi 5 megapiksel bertengger di bagian atas, persis di sebelah kiri speaker telepon.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi belakang LG G5 SE
Sisi belakang terbuat dari bahan logam aluminium yang dilabur warna abu-abu (atau warna lain, tergantung pilihan).  Teksturnya kesat, mirip dengan permukaan laptop MacBook, sehigga G5 SE tak terasa licin saat dipegang.

Kenyamanan dalam genggaman juga ditunjang oleh sisi-sisi pinggiran bagian punggung yang agak membulat sehingga lebih pas di telapak.

Di sisi belakang ini terdapat modul berisi dua jenis kamera. Pertama adalah kamera dengan sudut pandang “normal” selebar 78 derajat.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Pemindai sidik jari LG G5 SE sekaligus berfungsi sebagai tombol daya.
Yang kedua, kamera ultra wide dengan cakupan bidang pandang yang luas, mencapai 135 derajat. Persis di tengah-tengah kedua kamera terdapat unit flash dan AF-assist dengan sinar laser.

Selain itu, ada pemindai sidik jari berbentuk bundar. Fingerprint scanner ini sekaligus berfungsi sebagai tombol daya.

Jadi, pengguna bisa “membangunkan” perangkat dari mode standby sekaligus membuka lockscreen dengan menekan dan menahan jari di tombol ini selama beberapa saat.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi atas (kanan) dan bawah LG G5 SE

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi kiri LG G5 SE. Tombol untuk melepas bagian modular berada di dekat ujung bawah perangkat.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.