Zuckerberg Jual Saham Facebook Rp 1,25 Triliun untuk Amal

Kompas.com - 22/08/2016, 15:40 WIB
Mark Zuckerberg di kantornya. Facebook.com/Mark ZuckerbergMark Zuckerberg di kantornya.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO Facebook, kembali menunjukkan komitmennya sebagai seorang filantropi. Ia baru saja mengucurkan dana 95 juta dollar AS atau setara Rp 1,25 triliun untuk Chan Zuckerberg Initiative.

Lembaga sosial yang ia buat bersama sang istri tersebut berfokus pada pengembangan potensi generasi muda. Mereka juga mempromosikan kesetaraan hak bagi semua anak.

Meski demikian, perlu digarisbawahi bahwa Chan Zuckerberg Initiative bukanlah lembaga non-profit. Lembaga semi korporasi itu punya manajemen bisnis dan berbentuk perseroan terbatas, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (22/8/2016) dari CNNMoney.

Artinya, ada penanaman dan transaksi jual beli saham di dalamnya. Hanya saja, misi utama lembaga tersebut dikatakan untuk kesejahteraan generasi mendatang.

Dana 95 juta dollar AS itu pun tak langsung diberi tunai oleh Zuckerberg. Dana itu semula berbentuk saham Facebook pribadi Zuckerberg yang ia alokasikan untuk Chan Zuckerberg Initiative pada Desember 2015 lalu.

Melihat perkembangan saham yang positif, lembaga itu kemudian menjual 767.905 lembar saham Facebook yang mereka punya pada pekan lalu. Menurut dokumen di Securities and Exchange Commission, hasil penjualan saham itu senilai 95 juta dollar AS.

Ini adalah suntikan dana pertama yang diterima Chan Zuckerberg Initiative. Setelah ini, Zuckerberg berkomitmen untuk mentransfer saham yang bisa dijual hingga 1 miliar dollar AS (Rp 13 triliun) tiap tahunnya selama tiga tahun ke depan.

Beberapa orang memuji tindakan Zuckerberg, namun tak jarang pula yang mencibir karena Chan Zuckerberg Initiative masih memiliki unsur bisnis. Mereka curiga Zuckerberg menjadikan lembaga sosialnya sebagai tameng.

Salah satu tujuannya untuk mempermulus upaya lobi Zuckerberg dengan para regulator, sehingga ia bisa lolos dari beberapa aturan bisnis. Facebook enggan berkomentar soal tudingan itu.



Sumber CNN Money
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X