Cara Agar Baterai Gadget Awet dan Tahan Lama

Kompas.com - 22/08/2016, 20:03 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Baterai yang di-charge ulang, baik baterai smartphone, tablet, atau laptop, memiliki batas usia berbeda-beda. Anda bisa memperpendek atau memperpanjang usia tersebut, tergantung cara merawatnya.

Ada banyak tips yang beredar di ranah maya soal isu ini. Kebanyakan menyarankan pengguna lebih teratur memakai daya agar baterai tak bekerja terlalu keras.

Padahal, pengguna tak perlu melulu memanjakan baterai seperti emas atau peliharaan kesayangan. Berikut tips simpel agar baterai gadget awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun, sebagaimana dihimpun KompasTekno, dari ZDNet, Senin (22/8/2016).

Pertama, Perhatikan siklus pengecasan.

Beberapa perangkat menunjukkan informasi kesehatan baterai pada opsi penyetelan atau Settings. Di situ tertera berapa kali siklus isi ulang daya baterai hingga performanya memburuk.

Apple merupakan salah satu vendor yang terbuka soal informasi siklus isi ulang baterai. Pada lini iPhone, dibutuhkan 500 kali siklus isi ulang daya, hingga performa baterai turun menjadi 80 persen dari kondisi awal. Lama kelamanan persentase itu akan semakin turun.

Maka dari itu, Anda sebaiknya tak membuang-buang jatah siklus isi ulang daya baterai. Jangan memasang dan mencabut charge jika tak perlu.

Jika Anda memutuskan untuk menge-charge, jangan mencabutnya di tengah-tengah. Sebab, itu akan menyumbang satu siklus isi ulang, padahal baterai belum terisi penuh.

Kedua, gunakan alat charge berkualitas.

Satu kepala charge dengan banyak cabang kabel memang praktis di bawa ke mana-mana. Anda bisa mengisi ulang daya beberapa perangkat sekaligus tanpa membawa banyak kepala charge.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber ZDNet

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.