Samsung Bakal Rilis "Smartphone High-end" Berbasis Tizen?

Kompas.com - 23/08/2016, 07:05 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu, Samsung menyebar undangan peluncuran untuk tanggal 23 Agustus 2016 di India. Menurut sumber dalam, produk yang hendak dirilis tak lain adalah "Samsung Z2". Ponsel tersebut berjalan pada sistem operasi Tizen buatan sang vendor Korea Selatan.

Kini, muncul informasi menarik lain yang masih berkaitan. Samsung dikabarkan sedang menguji ponsel berbasis Tizen lainnya di India. Ponsel itu dinamai "Samsung Z9", sebagaimana dilaporkan TizenExperts dan dihimpun KompasTekno, Selasa (23/8/2016).

Rumor ini terendus dari sebuah dokumen pengapalan yang beredar. Pada dokumen itu, tertera nama kode "SM-Z930F" yang disebut-sebut sebagai Samsung Z9.

Berbeda dengan Z2 yang menyasar kelas menengah ke bawah, Z9 dikatakan sebagai perangkat flagship Tizen untuk kelas menengah ke atas.

Sumber yang familiar dengan rencana itu menyebut Z9 sudah mendukung jaringan 4G dan harganya sekitar lima kali lipat di atas Z2. Tak jelas berapa kisaran harga tersebut, sebab hingga kini keterangan harga Z2 pun belum terungkap.

Beberapa pasar yang digadang-gadang akan jadi sasaran Z2 adalah Indonesia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Sri Lanka, India, Nepal, dan Nigeria. Sementara itu, menurut sumber, Z9 diperuntukkan bagi pasar yang lebih luas. Cakupannya hingga ke negara-negara Eropa seperti Jerman, Perancis, dan Inggris.

Untuk diketahui, ada delapan lini Samsung berbasis Tizen yang sudah meluncur atau dalam tahap pengembangan sejauh ini. Masing-masing adalah Z130, Z150, Z200, Z210, Z300, Z510, Z930.

Benar atau tidaknya rumor soal Z2 bisa diketahui dalam waktu dekat. Sementara itu, untuk Z9, tampaknya harus menunggu lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.