Google Sebar Android Nougat, Ini Daftar Perangkat yang Kebagian

Kompas.com - 23/08/2016, 08:16 WIB
Nougat, cemilan manis yang dijadikan sebagai nama sistem operasi Android N. IstNougat, cemilan manis yang dijadikan sebagai nama sistem operasi Android N.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Google mulai menyebar Android Nougat 7.0 versi publik, Selasa (23/8/2016). Sistem operasi itu bisa diunduh melalui metode over-the-air (OTA) di beberapa perangkat tertentu.

Beberapa perangkat yang dimaksud tak lain adalah Nexus 6P, Nexus 5X, Nexus 6, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, dan Android One.

Smartphone Nexus dan Android One memang selalu menjadi yang pertama merasakan hal-hal baru dari Google. Tak mengejutkan sebab keduanya dikembangkan di bawah pengawasan Google sendiri.

Baca: Android Marshmallow Baru Bisa Dekati Jelly Bean

Penyebaran Android teranyar ke lini Nexus dipastikan rampung dalam beberapa minggu ke depan, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Selasa (23/8/2016).

Per hari ini, hanya segelintir pengguna beruntung yang mendapat giliran paling awal. Untuk mengetahui detail desain dan fitur Android Nougat, Anda bisa mengecek laman ini di situs resmi Android.

Beberapa fitur utama mencakup penambahan 72 emoji baru, penyetelan beberapa bahasa lokal sekaligus, multi-window view, API Vulkan untuk gamers, serta beberapa aplikasi default dan fitur lainnya yang diharapkan mempermudah aktivitas sehari-hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Resmi, Android N Menyandang Nama Nougat

Anda bisa mengecek apakah Nexus Anda sudah menyediakan Android Nougat atau tidak. Caranya cukup pilih "Settings" lalu "About Phone" kemudian tekan opsi "Software Update".

Ketika Nougat sudah tersedia, Nexus Anda akan segera mengunduhnya. Sebelumnya, pastikan Anda telah menyalin (back-up) dokumen-dokumen penting.

Bagaimana dengan perangkat berbasis Android di luar kedua seri itu? Pembaruan tersebut tergantung kepada masing-masing produsen perangkat.

Para produsen biasanya menghadirkan beberapa penambahan fitur bikinan sendiri, sebelum merilis Android baru di perangkatnya. Selain itu, produsen juga harus mengecek, apakah Android baru bisa berjalan optimal di perangkatnya atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.