Mana Lebih Kencang, iPhone 6s atau Galaxy Note 7?

Kompas.com - 23/08/2016, 10:45 WIB
Bagian depan iPhone 6S The VergeBagian depan iPhone 6S
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Selain menguji ketahanan banting (drop test) pada iPhone 6s dan Galaxy Note 7, PhoneBuff juga menguji kecepatan (speed test) dua flagship dari Apple dan Samsung itu.

Hasilnya telak, iPhone 6s menang dari Galaxy Note 7. Hal ini berbanding terbalik dengan drop test, di mana Galaxy Note 7 mampu membuktikan keunggulan fisiknya dibandingkan iPhone 6s.

Baca: Dibanting, Lebih Kuat Galaxy Note 7 atau iPhone 6s?

Galaxy Note 7 butuh waktu dua menit empat detik untuk meluncurkan 14 aplikasi dan memutar video. Sementara iPhone 6s hanya butuh 21 detik untuk melakukan hal serupa.

Hal ini terbilang ironis, sebab iPhone 6s lebih lawas ketimbang Galaxy Note 7. Flagship Apple itu menggunakan prosesor berusia sekitar satu tahun dan cuma menggunakan RAM 2GB.

Di lain sisi, Galaxy Note 7 baru diluncurkan beberapa minggu lalu dengan prosesor berusia enam bulan. Phablet penunjang produktivitas itu juga mematrikan RAM jumbo 4GB.  

Lebih lawas, kenapa iPhone 6s bisa menang?

Menurut PhoneBuff, kemenangan Apple tak lepas dari sinkronisasi yang maksimal pada software dan hardware-nya. Android sendiri merupakan sistem operasi banyak perangkat sehingga sejumlah hardware terfragmentasi dan berpengaruh pada kinerja.

Perlu digarisbawahi, pengujian PhoneBuff tak mengindikasikan performa atau produktivitas mutlak kedua ponsel. Tak ada pengguna yang membuka aplikasi sebanyak itu dalam satu waktu bersamaan.

Baca: Ketika Galaxy Note 7 Disiksa

Paling penting, pengujian ini tak meliputi fitur-fitur andalan Galaxy Note 7 seperti layar terpisah (split screen) dan tiga fitur utama S Pen: Translate, Magnify, dan Glance.

Lebih detail, berikut pengujian yang dilakukan PhoneBuff, sebagaimana tertera pada channel YouTube PhoneBuff yang diambil KompasTekno, Selasa (23/8/2016) dari TheNextWeb.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.