Kompas.com - 24/08/2016, 14:00 WIB
Samsung Z2 Sam MobileSamsung Z2
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung resmi merilis smartphone terbarunya bernama Z2 di India. Perangkat yang satu ini dapat dikatakan cukup unik karena tidak berbasiskan Android, tetapi Tizen.

Z2 sendiri merupakan smartphone ketiga Samsung yang dibekali dengan sistem operasi mobile tersebut.

Samsung memosisikan Z2 dalam kelas low-end. Hal tersebut terlihat dari banderol harga yang relatif murah, yakni 4.590 rupee atau sekitar Rp 926.000.

Secara spesifikasi, ponsel ini lebih bagus dibanding seri Z1 yang lebih dulu meluncur. Namun, tidak lebih baik dibandingkan Z3, yang juga sudah lebih dulu dirilis.

Dilansir KompasTekno dari SamMobile, Rabu (24/8/2016), raksasa teknologi Korea Selatan itu membekali Z2 dengan layar ukuran 3,97 inci, prosesor quad-core Spreadtrum, dan RAM 1 GB. Memori internalnya berkapasitas 8 GB dan dapat diperluas menggunakan kartu memori microSD.

Soal pengabadian gambar, Samsung Z2 memakai kamera utama 5 megapiksel dan kamera depan VGA. Semua spesifikasi tersebut menjalankan sistem operasi Tizen 2.4 dan memakai tenaga dari baterai berkapasitas 1.500 mAh.

Meski tidak dibekali spesifikasi yangg terlalu mentereng, Samsung Z2 sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Ponsel Samsung Z2 ini sementara waktu hanya beredar di India dan ditujukan pada pengguna kelas pemula. Belum diketahui apakah Samsung memiliki rencana untuk menghadirkannya di negara lain.

Sekadar diketahui, Tizen merupakan sistem operasi berbasis Linux. Proyek pengembangan Tizen dilakukan antara lain oleh Linux Foundation, Samsung, Intel, dan Technical Steering Group.

Selain ponsel seri Z di atas, Samsung juga telah memasang sistem operasi Tizen pada berbagai perangkat lain, di antaranya Samsung Galaxy Camera dan Gear.

Baca: Dijual Rp 899.000, Samsung Z2 Kapan Beredar di Pasaran?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SamMobile

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.